Mencetak MS Word dalam urutan terbalik

Sobat belajar, tentu kita pernah atau bahkan sering emcetak dokumen (ngeprint). Kali ini aku tunjukkan bagaimana cara mengetik dokumen dengan urutan terbalik. Umpamanya kita mempunyai dokumen terdiri dari 20 halaman, dan sudah mempunyai nomor halaman masing. Nah kalau diprint secara biasa aja kan nanti kita harus menata ulang secara manual tuh kertas agar bisa halaman kertas tersusun secara bebar dari nomor 1 sampai nomor 20.
Dengan trik ini mudah-mudahan akan sedikit meringankan beban pekerjaan kita. Yaitu saat mencetak kertas akan tersusun secara otomatis (halaman 20 akan berada pada urutan paling bawah) ato tercetak pertama. Ada dua cara yang bisa kita lakukan :
Pertama dengan melakukan seting sederhana dari printer. Klik Star, klik Printer and Faxes, nah pada printer yang kamu pake (saya pake printer Epson C90) klik kanan klik Properties, pada tab General klik Printing Preferences, pada tab Main – Prin Options centang pilihan Reverse Order, klik OK.
Kedua lakukan seting dari Microsoft Word. Dari menu Tools/Option/Print tandai Reverse Print Order lalu klik OK. Nah dengan cara ini pekerjaan membosankan yang selama ini selalu kita kerjakan tidak perlu lagi. Hasil cetakan akan tertata secara rapi dari dari halaman pertama sampai halaman terakhir.