NTLDR is Missing

“NTLDR is Missing. Press Ctrl+Alt+Del”. Mungkin kamu pernah menemui ato ngalamin kejadian seperti itu pada komputermu. Komputerpun tidak bisa loading ke Windows.

Menjengkelkan tentunya, apalagi kejadian itu terjadi pas kita mau ada perkerjaan yang harus segera diselesaikan. Apa yang kamu lakukan? Membawa komputermu ke tukang servis? Jangan dulu deh, ada baiknya kita otak-atik dulu. Selain menghemat biaya, juga bisa menambah ilmu dan pengalaman kita.

Apa yang harus kita lakukan? Gini aku kasih tahu triknya. Tapi penuhi dulu persyaratannya. Pertama komputer harus memiliki CD-ROM dan bisa untuk booting, kedua kamu harus mempunyai CD Bootable XP. Nah kalu syarat ntu kamu penuhi ikuti langkah berikut ini.

Setting komputer agar melakukan booting dari CD-ROM, caranya masuklah ke BIOS dengan cara menakan tombol DEL/ F2/ F10 (tergantung jenis motherboard lho) saat booting. Pilih menu Advance BIOS Setup (Enter), Pilih Boot Sequence terus First Boot (enter), pilih CD-ROM dengan cara menekan Page Down or Page UP ato tanda + or – ato enter (sekali lagi tergantung jenis motherboard). Masukan CD Bootable XP ke CD-ROM, simpan hasil setingan dan keluar dari BIOS dengan cara memilih Exit With Seving.

Kalau langkah di atas dilakukan dengan benar maka komputer akan booting dengan CD, setelah membaca CD maka layar akan menampilkan menu Stup Windows XP, tunggu sebentar proses instal akan membaca hardware yang terpasang di komputer. Setelah selesai tekan F8 (Agree) untuk mlanjutkan, kemudian pilih Repaire dengan cara menekan tombol R lalu tekan tombol 1 untuk melakukan pemuliah (recovery). Masuan password administrator jika ditanyakan. Kemudian langkah terakhir Copy file dari CD (G:\i386\ntldr dan ntdetect.com) ke direktori C:\.
Selaat mencoba mudah-mudahan komputermu kembali pulih seperti sedia kala.