--> Mencetak Model Buku Menggunakan Microsoft Word | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

4/05/2011

Mencetak Model Buku Menggunakan Microsoft Word

| 4/05/2011
HTML clipboard
Tips komputer yang berkaitan dengan microsoft word sudah lama tidak tersentuh olhe Fadhil Galery. Di waktu yang santai ini, setelah kemarin agak sibuk dengan berbagai macam kerjaan, sekarang saya akan berbagi tips microsoft word.

Tips microsoft word kali ini adalah cara mencetak model buku dengan menggunakan microsoft word. Seperti kita ketahui, lembaran-lembaran buku adalah cetakan perpaduan antara halaman depan dan belakang dan dicetak bolak-balik. Maksudnya halaman 1 dicetak bersama dengan halaman akhir. Contoh kita memiliki 120 halaman pada dokumen word. Maka kalau kita mencetak dengan model buku halama 1 dan 120 akan tercetak bersamaan pada halaman kertas F4 yang dicetak secara landscap dan terbagi menjadi dua kolom. Sehingga nantinya bisa ditekuk dan diklip pada bagian tengahnya, dan jadilah sebuah buku (untuk lebih jelasnya, teliti aja deh sebuah buku). Bagaimana cara mencetaknya? Ikut tips berikut ini:

Cara Setting Halaman/ Page setup
Caranya klik File, klik Page Setup, tentukan ukuran kertasnya menjadi F4 yaitu (21,5 x 33 cm). Kemudian pada tab menu margin, seting Multiple Pages dari normal menjadi book fold. Klik OK. Maka sekarang halaman akan nampak kecil, yaitu seukuran kertas F4 dibagi dua.

Cara Mencetak Pada Printer
Selain mensetting halaman menjadi book fold dalam pencetakan juga ada aturan atau setingan yang harus di ikuti. Seperti mencetak pada biasanya kita klik File, klik Print, sebelum mengeksekusi perintah print, klik Properties, klik atau beri centang menu Duplex Printing (saya menggunakan printer Canon, menu dupelx printing ada pada tab menu Quick Setup, untuk printer dengan merk lain cari sendiri). Setelah itu lakuka eksekusi pencetakan dengan tekan OK.

Pritnter akan mencetak dokumen separuhnya (umpamanya kita memiliki 120 halaman, maka yang akan tercetak adalah 60 halaman), setelah selesai mencetak 60 halaman pencetakan akan berhenti dan meminta agar kita memasukan kembali kertas yang tadi sudh dicetak. Masukan kembali kertas tersebut, hati-hati janga salah poisi. Setelah yakin benar, klik OK untuk melanjutkan pencetakan. Maka hasil cetakan akan menjadi bolak-balik (dua muka) dan halaman sudah terssusun seperti susunan buku. Tinggal kita buat cover dan menjilidnya.

Oke segitu aja tips mencetak model buku dari saya. Penjelasannya mungkin kurang bisa dicerna ya??? Janga lupa minum, agar mudah dalam mencernanya. Hahaha

Related Posts