Cara Melinduggi Flashdisk dari Virus | Membuat Flashdisk Kebal Virus

Cara Melinduggi Flashdisk dari Virus adalah sebuah upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran virus melalui flashdisk atau terinfeksinya flashdisk oleh virus. Seperti kita ketahui, Virus gampang sekali menyebar, dan penyebaran tercepat adalah melalui flashdisk. Colok sebentar aja flasdisk ke komputer, maka virus langsung bersarang di falashdik atau sebaliknya. Apa yang menyebabkan virus mudah sekali menyebar via flasdiks?

Sumber permasalahan adalah fasilitas autorun yang ada di sistem operasi Windows. Sebenarnya, autorun yang ada sejak era Windows XP memiliki niat baik, yaitu memudahkan pengguna. Setiap kali kita memasukkan media eksternal (baik CD/DVD atau flashdisk), file autorun.inf di dalam media eksternal tersebut langsung berjalan agar isi di dalamnya bisa langsung dimainkan. Contohnya ketika Anda memasukkan CD musik, Windows langsung menjalankan Windows Media Player atau Winamp.

Tapi amat disayangkan fitur autorun tersebut kini menjadi pintu penyebaran virus yang paling ampuh. Melihat dari segi manfaat yang diberikan oleh Windows, sebenarnya tidak terlalu signifikan tingkat kemanfaatannya bagi pengguna komputer. Untuk itu ada baiknya lebih baik kita matikan saja fitur autorun tersebtu. Karena bahaya akibat autorun lebih besar dibanding dengan manfaatnya. Nah untuk mematikan autorun secara manual silakan anda klik Cara Mematikan Autorun Pada Windows XP.

Selain kita mematikan autorun pada komputer maka kita juga perlu menjaga agar autorun pada flashdisk sulit untuk dimodifikasi, ditimpa dan lain sebagainya. Karena biasanya virus akan menanamkan file autorun pada flasdisk yang berfungsi untuk menjalankan program jahatnya. 

Membuat Flashisk Kebal Virus | Nah sekarang saatnya kita mengimunisasi flasdisk (bukan imunisasi campa atau folio lho, hehehe…). Untuk membuat flasdisk kebal terhadap virus sangat mudah, ada program yang dapat kita gunakan sebagai imunizer flashdisk, diantaranya yaitu BitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine. Kedua aplikasi ini akan melindungi komputer maupun flashdisk dari penularan virus. Caranya yaitu menonaktifkan autorun di komputer, sekaligus melindungi file autorun.inf dari modifikasi si pembuat virus.

Kedua aplikasi ini gratis, jadi silakan download dan gunakan secara gratis.
1. Download BitDefender Immunizer,
2. Download Panda USB Vaccine


Cara menggunakannya mudah saja. Jalankan aplikasi tersebut, lalu mereka akan mendeteksi apakah fasilitas autorun di komputer Anda aktif. Jika iya, aplikasi tersebut akan menawarkan Anda untuk mematikan fasilitas tersebut (dan sebaiknya Anda lakukan). 

Setelah itu, Anda tinggal imunisasi flashdisk yang hendak Anda lindungi. Pilih flashdisk dari menu yang ada, lalu tekan Immunize atau Vaccine. Sesaat kemudian, file autorun.inf di flashdisk Anda akan diganti dengan yang baru dan kebal penularan. 

Dengan cara ini flasdiks anda tidak akan mudah tertular virus begitu juga dengan komputer anda. File-file penting anda di falsdiskpun akan terlindungi secara aman.