--> Tips Microsoft Excel | Cara Membatasi Input Pada Sel | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

2/01/2012

Tips Microsoft Excel | Cara Membatasi Input Pada Sel

| 2/01/2012
Tips Microsoft Excel – Halo sobat komputer mania, kembali nih saya membawakan tips dan trik seputar microsoft excel untuk sobat semua.

Cara Membatasi Input Pada Sel, inilah yang akan kita bahas pada materi kali ini. Sel adalah kolom untuk melakukan input data pada microsoft excel. Misal Cell A1 (sel yang terletak pada kolom A bari ke 1). Ah utnuk masalah sel gak perlu di bahas lagi. Saya yakin kamu semua sudah pada ngerti.

Gemana sih maksudnya membatasi input pada sel? Yaitu membatasi sebuah/ sekelompok sel hanya bisa diinput berdasarkan karakter tertentu. Misalkan hanya bisa diisi dengan angka saja atau teks saja. Yang akan kita bahas kali ini adalah membatasi sebuah sel dengan hanya bisa diisi oleh angka antara 1 – 10. Gemana caranya?

Untuk melakukan pembatasan input sel, kita bisa menggunakan menu Validatuion Data. Oke, langsung aja kita praktikkan.

Taruh pointer kamu pada salah satu atau sekelompok (dblok) sel yang akan kita validasi. Kemudian klin menu Data, klik Validation. Akan muncul dialog box seperti di bawah ini :
Dalam dialog box tersbut tiga tab menu. Menu petama adalah Setting. Agar sel hanya bisa diisi oleh angka, pada sub menu allow piluh Whole Number. Pada sub menu pilih Between. Kemudian pada Karakter minimum, silakan masukan angka 1, pada karakter maximum masukkan angka 10 (sel hanya bisa diisi dengan angka antara 1 – 10).

Sekarang pindah ke menu Input Message, ada dua kolom yang haru kita isi yaitu :
Title = Untuk mengisi judul pesan/ petunjuk yang muncul saat pointer di klik
Input Message = silakan di isi dengan pesan yang ingin dimunculkan (misal : isi dengan angka 1 – 10)

Oke, sekarang kita lanjut ke menu Error Alert. Memu ini berfungsi untuk membuat pesan saat user melakukan kesalahan input data. Silakan pilih type peringatan yang ingin disampaikan (Stop, Waning atau Information). Pada title silakan isi Judul dari pesan yang ingin disampaikan. Pada Error Message isi dengan Pesan Error yang ingin disamapikan, Misal “Upsss!!! Salah, Hanya boleh diisi angka 1 – 10”.

Nah, itu adalah cara membatasi input data pada sel microsoft excel. Semoga tips microsoft excel kali ini bisa bermanfaat untuk sobat semua. Salam sukses dan jangan berhenti untuk terus belajar.

Related Posts