--> Cara Test Kabel LAN Tanpa Alat Tester | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

12/31/2012

Cara Test Kabel LAN Tanpa Alat Tester

| 12/31/2012
Cara Test Kabel LAN Tanpa Alat Tester - Artikel ini semoga bisa menjadi solusi bagi para pemula seperti saya yang sedang belajar membuat jaringan LAN. Para profesional jaringan LAN biasanya akan membawa suatu alat yang dinamakan LAN Tester. Alat ini berfungsi untuk mengidentifikasi pengkabelan pada sebuah jaringan LAN (Local Area Network). Gambar dari LAN tester seperti di bawah ini.
Untuk membeli alat tersebut tentu membutuhkan tambahan biaya. Tapi tentu dengan hasil yang lebih akurat dan kelihatan keren kan kalau pada saat membangun sebuah jaringan kita membawa tool atau alat dengan lengkap. Tapi bagi para pemula yang masih hanya sekedar coba-coba kita bisa gunakan sebuah software untuk melakukan identifikasi pengkabelan. Nama software adalah Realtek Ethernet Diagnostic Utility.

Software tester LAN ini sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai macam pengujian atau test. Diantaranya adalah test diagnostic, kecepatan transfer data (send and receive), dan test pengkabelan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan softwaer ini sebagai alat test pengkabelan. Namun sebelumnya  harus anda ketahui dulu tentang macam-macam topologi pengkabelan dalam sebuah jaringan LAN. Untuk mempelajari tentang topologi kabel LAN silakan baca di sini. Dan dibawah ini adalah gambar dari susuna kabel dari masing-masing topologi.
Nah sudah jelas semua. Sekarang mari kita mempraktikkan cara test kabel LAN tanpa LAN tester. Silakan anda download terlebih dahulu Realtek Ethernet Diagnostic Utility di sini. Kemudian install di komputer anda.

Sebagai catatan, software ini tidak bisa berjalan pada semua jenis LAN Card, hanya akan berjalan pada jenis LAN Card di bawah ini :
RTL8111B/RTL8168B/RTL8111/RTL8168
RTL8111C/RTL8111CP/RTL8111D(L)
RTL8168C/RTL8111DP/RTL8111E
RTL8168E/RTL8111F/RTL8411
RTL8100E/RTL8101E/RTL8102E-GR/RTL8103E(L)
RTL8102E(L)/RTL8101E/RTL8103T
RTL8401/RTL8401P/RTL8105E
RTL8402 

Setelah diinstal silakan jalankan aplikasinya. Dan lakukan test pengkabelan dengan klik pada sub menu Cable seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Pada hasil test di atas kita bisa melihat :
1. Pair adalah menunjukkan koneksi dari setiap kabel (tergantung dari topologi yang kita gunakan)
2. Length menunjukkan panjang kabel yang kita gunakan dalam satuan meter
3. Status adalah menunjukkan kedaan dari koneksi kabel, bila normal berarti kabel sudah terhubung dengan baik apabila open berarti kabel tidak terhubung, putus dan lain-lain.

Oke, itu adalah Cara Test Kabel LAN Tanpa Alat Tester. Mudah bukan? Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang belajar membuat jaringan LAN (Local Area Network).

Related Posts