--> Tips Microsoft Word | Cara Otomatis Mencetak Bolak-Balik | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

12/09/2012

Tips Microsoft Word | Cara Otomatis Mencetak Bolak-Balik

| 12/09/2012
Cara mencetak bolak-balik pada microsoft word ini sebenarnya sudah saya baha pada tips microsoft word mencetak model buku. Tapi pada pembahasan tersebut agak berbelit karena memang menginginkan cara cetak buku yang benar-benar efisien.

Cara mencetak atau ngeprint bolak-balik ini lebih sederhana. Mungkin anda pernah mengalami mencetak sebuah dokumen dengan jumlah halaman yang sangat banyak, misalnya ebook yang baru saja anda download, modul pembelajaran dan lain sebagainya. Nah kalau anda cetak dengan model satu lembar satu halaman, pasti kita membutuhkan kertas dalam jumlah banyak. Tentu itu merupakan pemborosan. Tapi lain halnya kalau kita mencetak secara bolak-balik, setiap halaman terisi, maka kertas yang kita butuhkan hanya separuh dari jumlah halaman yang akan kita cetak. Artinya kita sudah menghemat 50% dari biaya cetak.

Lalu gemena nih caranya mencetak otomatis bolak-balik. Maksud otomatis di sini, pencetakan akan secara otomatis menyusun halaman secara urut dan tercetak bolak-balik. Langkahnya sangat mudah, seprti halnya kita mencetak dokumen biasa. Hanya ada satu pengaturan yang harus kita perhatikan, yaitu setting duplex. Oke, langsung aja kita praktikan.

1. Silakan cetak dokumen anda dengan klik File klik Print atau Ctrl + P.
2. Klik Properties
3. Kemudian centang Duplex, seperti gambar di bawah ini.
4. Klik OK, Klik OK lagi kemudian biarkan printer melakukan pencetakan.

Perhatikan!!! Printer akan mencetak dokumen dengan meloncati satu halaman. Biarkan, itu artinya anda mencetak bolak-balik sudah berhasil. Biarkan sampai selesai mencetak separuh dokumen. Setelah selesai mencetak separuh dokuman maka printer akan berhenti mencetak, sekarang silakan anda balik kertas yang sudah anda buat mencetak tadi kemudian masukan kembali ke  printer.

5. Klik OK pada jendel yang muncul  pada layar komputer anda. Sekarang printer akan mencetak balikan dari halaman yang akan kita cetak. Biarkan sampai selesai. Selamat anda sudah berhasil mencetak dokumen secara bolak-balik.

Related Posts