--> Panduan Cara Mengganti LCD (Layar) Laptop Rusak | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

1/01/2013

Panduan Cara Mengganti LCD (Layar) Laptop Rusak

| 1/01/2013
Panduan Cara Mengganti LCD (Layar) Laptop Rusak - Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang beberapa penyebab kerusakan pada layar LCD laptop dan cara pencegahannya. Nah pada tulisan saya kali ini akan menyambung artikel tersebut. Bagi anda yang belum membaca artikel sebelumnya silakan baca Mengetahui Penyebab LCD Laptop Rusak dan Cara Mencegahnya.

Pembahasan berlanjut pada kasus dimana sebuah layar atau LCD laptop sudah rusak dan harus diganti. Bagi sebagian orang, langkah paling mudah dan paling aman adalah membawanya ke tukang servis komputer atau tukang servis laptop. Tapi bagi para calon teknisi ini adala kesempatan untuk belajar. Meskipun demikian tetap harus ada panduannya, syukur-syukur ada orang ahli yang secara langsung mendampingi. Tapi kalau mau otodidakpun tidak masalah, yang penting panduan atau buku manual serta alat-alat sudah lengkap.

Untuk membongkar dan memasang kembali layar laptop tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Cukup obeng plus dan obene minus untuk mencopot skrup dan membuka klip pada layar LCD. Apakah mudah cara membongkar dan mengganti LCD laptop? Sangat mudah! Mari kita ikuti panduan berikut ini.

Tutorial Cara Mengganti dan Memasang LCD Laptop
1. Menyingkirkan Blind
Mencari sekrup: Layar LCD biasanya dikelilingi oleh 4 hingga 8 lapisan pelindung plastik atau karet. Lepaskan sekrup secara hati-hati dengan obeng minus atau kembang.

2. Menyingkirkan bingkai penutup
Setelah semua sekrup di lepaskan, singkirkan bingkai penutup layar. Biasanya hanya dikencangkan dengan klip. Mulailah dari bagian paling bawah layar (engsel layar). Disini, obeng minus dan sedikit tekanan keatas sudah memadai untuk melepaskannya.

3. Melepaskan Display dari Bingkai
Empat sekrup dikiri dan kanan menahan display dengan rel dalam penutup notebook. Lepaskan sekrup-sekrup ini. Apabila layar juga ditahan oleh pita perekat, singkirkan sekalian. Kini anda dapat mengeluarkannya secara hati-hati dari rel dengan kedua tangan.

4. Menyingkirkan kabel Data
Sinyal listrik pada layar pada circuit board terjadi melalui kabel pita dari chip graphics. Sambungan ini juga bisa diperkuat dengan pita perekat. Dibagian bawah layar biasanya ada steker 2 pin untuk power suplay penerangan latar belakang. Tariklah kedua kabel dengan hati-hati keluar.

5. Memasang LCD Baru
Untuk memasang LCD baru tentu yang harus dilakukan tinggal memsangkan kembali semua alat yang tdai kita lepas. Mulai dari memasang kabel data, memasang LCD pada bingkai, sampai pada pemasangan kembali skrup.

Tutorial di atas mungkin akan kurang memuaskan bagi anda. Untuk itu saya juga share sebuah video tutorial membongkar dan memasang LCD laptop yang saya ambil dari situs youtube.com. Berikut videonya. 


Tutorial cara mengganti layar LCD laptop yang rusak di atas mungkin masih dirasa kurang. Oke, sebenarnya saya sudah siapkan untuk anda panduan servis laptop paling lengkap baik itu berupa ebook tutorial maupun video. Bahkan sudah disediakan panduan servis laptop berdasarkan merk dan seri laptop tertentu. Semua itu bisa anda dapatkan pada daftar ebook teknisi komputer lengkap di bawah ini.

Related Posts