--> Tips Memilih Tinta Printer yang Baik | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

2/24/2013

Tips Memilih Tinta Printer yang Baik

| 2/24/2013
Tips Memilih Tinta Printer yang Baik adalah tips yang penting untuk anda ketahui. Tinta merupakan bagian penting dari sebuah printer, sebagus apapun printer, kalau tidak ada tintanya tentu tidak akan bisa mencetak. 

Selain memiliki peranan penting dalam sebuah printer, tinta juga memiliki peranan besar dalam mempengaruhi keawetan sebuah katrit/ cartridge. Anda tahu kan apa itu cartridge atau sering disebut katrit. Cartridge adalah komponen utama printer yang terdiri dari print head dan tanki penampung tinta. Di sinilah tinta ditampung dan disemprotkan memalui printhead. 

Kesalahan dalam memilih jenis tinta akan membuat prnthead mengalami penyumbatan, pengristalan, pengeringan dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut akan mengakibatkan hasil cetak printer menjadi tidak maksimal. Biasanya hasil cetakan akap putus-putus, kabur, atau bahkan tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Selain hal tersebut diakibatkan oleh panasnya printhead, juga diakibatkan oleh jenis tinta yang tidak cocok. Lalu bagimana cara memilih tinta yang baik untuk printer anda?

Cara memilih tinta printer yang baik
Menurut para ahli, mereka mengatakan bahwa tinta yang baik adalah yang tidak memiliki kandungan garam. Kandungan garam yang terdapat pada tinta akan mengakibatkan pengristalan dan penyumbatan pada printhead. Lalug bagaimana cara mengetahui apakah tinta memiliki kandungan garam atau tidak. Untuk mengetahuinya kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Cara melakukan penelitiannya sederhana kok. Tidak harus memiliki pengetahuan tentang ilmu kimia yang tinggi.

Cara menguji tinta printer yang baik
Bahan - bahan : 
- Kaca datar
- Air suling / disebut aquades. Air ini murni H2O tidak tercampuri larutan mineral (seperti zat kapur, garam, timbal, dll). Bisa dibeli di toko kimia atau apotek.
- Tinta yang akan diuji tentunya….
 
Langkah-langkah pengujian :
Teteskan masing-masing 2 tetes / 1 : 1 (air suling & tinta) diatas kaca datar —> diamkan beberapa saat sampai mengering —> kemudian amati.
Jika terdapat kristal-kristal halus, maka tinta tersebut mengandung garam.
 
Nah demikian cara memilih tinta printer yang baik. Mohon maaf kalau di sini saya tidak merekomendasikan salah satu merek printer tertentu. Karena hal tersebut saya rasa kurang etis deh. Kecuali ada yang berani bayar. Saya pasti mengeluarkan motto BERANI MEMBELA YANG BAYAR. Hehehe...

Related Posts