--> Tips Mudah Mengetik Huruf Arab Pada Windows 7 | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

6/12/2013

Tips Mudah Mengetik Huruf Arab Pada Windows 7

| 6/12/2013
Tips Mudah Mengetik Huruf Arab Pada Windows 7 | Pernahkan suatu saat anda diminta mengerjakan ketikan yang mengharuskan mengetik huruf dengan huruf arab. Kalau cuma sebuah petikan ayat alquran maka kita bisa menggunakan Al-Quran in Word, atau kalau harus menyisipkan hadits maka banyak sekali kita hadits digital yang contennya bias di copy paste ke microsoft word.

Lalau bagaimana kalau yang diketika adalah rangkain huruf arab yang bukan ayat al-quran maupun hadits. Atau anda ingin membuat status di facebook dengan huruf arab. Inilah tips sederhana yang bisa anda gunakan agar anda bisa mengetik dengan huruf arab. Tips ini hanya berjalan pada windows 7 ke atas, jadi kalau anda masih menggunakan windows XP silakan upgrade dulu ke windows 7.

Agar bisa mengetik huruf arap dengan windows 7 yang harus anda lakukan hanya menyeting type keyboard saja. Jadi, windows 7 sudah menyediakan berbagai macam type keyboard dari berbagai bahasa. Nah, dengan mengikutii tips sederhana mengetik huruf arab pada windows 7 ini maka anda bisa juga menyeting untuk menggunakan bahasa lainnya. Misal anda mengetik dengan bahasa cina, jepang, india, thailan dan lain sebagainya. Bagaimana caranya mengetik huruf arab pada windows 7? Lets go kita beraksi.

1. Silakan and masuk ke Control Panel
2. Klik pada Region and Language
3. Pada tampilan yang muncul klik pada menu Keboard and Languages kemduain klik Change keyboard

4. Muncul dialog box seperti di bawah ini. Silakan anda klik Add

5. Silakan and cari pilihan Arabic (Saudi Arabia) klik pada tanda plus dan centang pada pilihan Arabic (101) seperti pada gambar di bawah ini. Klik OK

6.Nah sekarang pada dialog box sebelum (tips nomor 4) akan muncul pilihan AR Arabic (Saudi Arabia) seperti pada gambar di bawah ini. Silakang langsung aja klik OK.

Nah sekarang anda bisa mengetik huruf arab dengan menggunakan windows 7 pada aplikasi apa saja. Tidak terbatas pada microsoft word, bahkan anda bisa membuat postingan artikel dengan bahasa arab, membuat starus facebook dengan bahasa arab, membuat kicauan di twitter dengan bahasa arab. Pokoknya bisa di semua aplikasi. 

Cara berpindah-pindah bahasa keyboard
Tentunya gak asyik kan kalau kita bisa nyeting keyboard menjadi huruf arab tapi tidak bisa mengembalikan ke bahasa Indonesia atau huruf latin. Nah, cara berpindah-pindahnya mudah kok. Lihat pada taskbar bagian kanan dengan dengan menu Quick Launch. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Silakan anda klik pada menu tersebut dan klik bahasa yang anda inginkan. Kalau anda ingin menambahkan bahasa lainnya, silakan anda ulangi tips mengetik huruf arab pada windows 7 di atas dan tambahkan bahasa yang anda inginkan. Untuk mengakhiri artikel ini berikut saya sertakan juga panduan tombol huruf arab pada keyboard biasa.
Itulah tombol-tombol huruf arab pada keybard, silakan anda sesuaikan dengan keybard anda. Atau anda juga bisa menggunakan keyboard on screen.

Related Posts