Mengenal Pengertian Router | Jenis-Jenis Router | Fungsi Router


Mengenal Pengertian Router | Jenis-Jenis Router | Fungsi Router - Kembali kita belajar tentang komputer jaringan. Dalam sebuah jaringan komputer sering kita dengan istilah atau nama router. Mungkin bagi sebagian orang awam akan bertanya-tanya apa sih router itu? Apa sih fungsi router itu? Atau seperti apa router itu? Oke, untuk menghilangkan rasa penasaran kita dan juga untuk menambah wawasan keilmuan kita tentunya, maka kita belajar bersama segala hal tentang router.

Mari kita mulai dari cari tahu tentang pengertian router. Istilah kita harus kenal dulu dengan apa yang kita bicarakan, baru deh nanti kita bicarakan tentang fungsi dan lain sebagainya. Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.

Misalnya, jika Anda ingin membagi IP Adress Anda cukup menggunakan router, jadi, jika suatu perangkat jaringan komputer memiliki IP Adress 192.168.0.1, dan ingin menghubungkannya dengan komputer lain agar bisa berkomunikasi, maka anda harus memberikan IP Address dengan Network Identification 192.168.0 dan Host Identification 2-254, misalnya 192.168.0.11, 192.168.0.12 dan seterusnya.

Namun jangan anda pikir bahwa router sama dengan switch. Switch adalah perangkat untuk menghubungkan berbagai alat dalam satu buah jaringan (Local Area Network), sedangkan router adalah alat untuk menghubungkan beberapa jaringan agar saling bisa berkomunikasi. Router saat ini paling sering digunakan untuk membagi koneksi internet dalam sebuah area yang disebut hotspot area.

Nah sekarang kiat sudah tahu kan tentang pengertian router. Mungkin dari sekilas tentang penjelasan pengertian router sudah sedikit ada gamabaran apa itu router. Lalu seperti apa wujudnya router? Untuk mengetahui itu mari kita cari tahu tentang macam-macam router atau jenis-jenis router.

Jenis – Jenis Router

  • Router aplikasi – router jenis ini adalah sebuah aplikasi yang bisa anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi computer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy  Winroute, SpyGate dll.
  • Router Hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.
  • Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card  sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik.
Pengertian router dan jensi-jenis router sudah kita ketahui. Tentu pengetahuan kiat semakin bertambah dan semakin jelas pengetahuan kita tentang router. Lalu untuk apa fungsi router? Dengan membaca pegertian dan jenis-jenis router saja sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan sendiri tentang fungsi router. Tapi tidak ada salahnya kalau kita membuat sedikit rangkuman tentang fungsi router di bawah ini. 

Fungsi- Fungsi Router
  • Fungsi Router – fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa  jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
  • Fungsi Router – Router juga berfungsi untuk menstran misikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti BRIDGE.
  • Fungsi Router – Router juga berfungsi untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur penapisan paket dapat juga disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalulintas data yang dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah adanya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mengenal Pengertian Router | Jenis-Jenis Router | Fungsi Router

Terkait Mengenal Pengertian Router | Jenis-Jenis Router | Fungsi Router



7 Komentar:

oo itu to pengertian router. jadi lebih mengerti sekarang. makasih sharenya gan...

Thank's gan .
Cukup bermanfa'at.

Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya

moga bertambah ilmunya dan manfaat

kita juga punya nih jurnal mengenai Router silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2575/1/188.pdf

Terimakasih atas infonya !

informasi nya cukup lengkap.. thanks dude

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.