--> Langkah-Langkah Menuju Bintang 4 Status NUPTK di Padamunegeri | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

7/24/2013

Langkah-Langkah Menuju Bintang 4 Status NUPTK di Padamunegeri

| 7/24/2013
Langkah-Langkah Menuju Bintang 4 Status NUPTK di Padamunegeri ~ PADAMUNEGERI (Pangkalan Data Penjamin Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).

Oke, sobat operator sekolah atau anda para PTK (Guru dan Staf) yang ada di sekolah yang kini sedang melakukan VerVal (Verifikasi dan Validasi) NUPTK mungkin masih ada yang bingung bagaimana cara mencapai bintang 4 status NUPTK. Bintang 4 yaitu Pakta Integritas disetujui Admin Dinas (Status PTK Aktif 2013). Untuk melihat status NUPTK anda silakan masuk klik disini. Silakan masukan email anda pada formulir yang tersedia, tentukan kabupaten/kota wilayah kerja anda, klik CARI DATA. Maka status NUPTK anda akan muncul, contoh di bawah ini adalah yang sudah berstatus bintang 4 (bukan bintang 7, hehehe).

Nah, untuk mencapai status bintang 4 seperti di  atas banyak yang masih bingung. Oke, mari kita bahas langkah-langkah mencapai bintang 4 status NUPTK di PADAMUNEGERI.

1. Mengisi Formulir
Masing-masing PTK akan mendapatkan formulir yang berbeda-beda, berikut penjelasannya :
- Formulir A01 : Untuk PTK yang sudah masuk dalam akun PADAMUNEGERI/ sudah cocok dengan NPSN sekolah bersangkutan
- Formulir A02 : Untuk PTK yang sudah mutasi dan masih terdaftar di sekolah dahulu
- Formulir A03 : Unruk PTK yang belum terdaftar di akun PADAMUNEGERI/ NPSN belum terverifikasi
- Formulir A05 : Untuk PTK yang belum memiliki NUPTK/ untuk pengajuan NUPTK baru
Nah silakan anda download formulir tersebut di sini. Kemudian isi dan serahkan kepada :
- Formulir A01 : Langsung diserahkan kepada Operator Sekolah untuk diverifikasi
- Formulir A02 dan A03 : diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kota untuk mendapatkan formulir A01
- Formulir A05 : diserahkan kepada Operator Sekolah untuk dilakukan pengajuan NUPTK

INTINYA, ANDA HARUS MENDAPATKAN FORMULIR A01 UNTUK MELAKUKAN VERVAL

2. Operator Sekolah Melakukan Verifikasi Formulir A01
Caranya silakan Operator Sekolah Login di Akun Sekolah. Masuk ke menu Verifikasi dan Validasi, klik Entri Formulir A01, klik PTK yang akan di verfikasi. Isi formulir isian data sesuai dengan yang ada di formulir A01 yang anda terima dari PTK yang bersangkutan. Setelah selesai sampai, maka akan keluar surat bukti VerVal Level 1  (S02b).

3. PTK melakukan aktivai Akun PTK
Setelah PTK menerima surat S02b yang memuat NUPTK dan KODE AKTIVASI, silakan melakukan aktivasi di alamat http://padamu.siap.web.id. Klik Aktivasi PTK, masukan NUPTK dan KODE AKTIVASI ikuti langkah demi langkah sampai selesai.

4. PTK Mengisi Angket EDS dan Data Rinci
Seteleh PTK melakukan aktivasi silakan logi di alamat http://padamu.siap.web.id. Klik Login PTK, masukan NUPTK dan Pasword yang anda buat saat aktivasi. Silakan anda isi Angket EDS dan Data Rinci. Isi data rinci dengan teliti, jangan ada kesalahan, karena ini akan berpengaruh terhadap masa depan anda sebagai pegaawai. Setelah semua isian selesai, KLIK CETAK AJUAN. Maka akan keluar surat S03a.

5. VerVal Level 2 Oleh Operator Sekolah
Serahkan surat ajuan (S03a) ke operator sekolah untuk divalidasi. Untuk operator sekolah silakan login di akun sekolah. Klin menu Verfikasi dan Validasi, Klik pada Entri Antrian Pemeriksaan Berkas. Klik PTK yang bersangkutan. Klik Next dan Nex sampai selesai, sampai keluar cetak Surat Bukti VerVal Level 2 (S04a dan S07a)

6. Serahkan Surat S07a ke Operator Kabupaten/Kota atau yang mewakili di UPT Kecamatan
Oke, tahap terakhir adalah anda menyerahkan Surat S07a ke operator kabupaten/kota atau yang mewakili untuk di validasi. Setelah selesai di validasi makan status NUTPK anda akan aktif selamanya dengan tanda memiliki bintang 4 sesuai dengan gambar di atas. Atau anda juga bisa login di Akun PTK anda dan anda akan melihat tulisan seprti ini.
Nah itu adalah langkah-langkah cara mencapai bintang 4 status NUPTK di PADAMUNEGERI. Kalau anda sudah berhasil mencapai binatng 4, saya ucapkan selamat deh. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.
 

Related Posts