Mengenal Barcode dan Penemunya

HTML clipboard
Barcode adalah sebuah kode batang atau kode palang (bahasa Inggris: barcode) yaitu suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Inilah awal kita mengenal barcode. Kita kenal terlebih dahulu apa sih barcode itu??? Untuk selanjutnya mari kita mengenal lebih dalam tentang barcode meliputi sejarah, manfaat, dan siapa penemunya.


Sejarah Barcode
Pada tahun 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang di perusahaan retail. Awalnya, teknologi kode batang dikendalikan oleh perusahaan retail, lalu diikuti oleh perusahaan industri. Lalu pada tahun 1948, pemilik toko makanan lokal meminta Drexel Institute of Technology di Philadelphia, untuk membuat sistem pembacaan informasi produk selama checkout secara otomatis.


Kemudian Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland, lulusan Drexel patent application, bergabung untuk mencari solusi. Woodland mengusulkan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Prototype ditolak karena tidak stabil dan mahal. Tangal 20 Oktober 1949 Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe yang lebih baik. Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten dari hasil penelitian mereka. 1966: Pertama kalinya kode batang dipakai secara komersial adalah pada tahun 1970 ketika Logicon Inc. membuat Universal Grocery Products Identification Standard (UGPIC).


Manfaat atau Kegunaan Barcode
1. Melacak seluruh item yang dibeli dengan memunculkan harga dan data yang sebelumnya sudah program.
2. Mengidentifikasikan konsumen yang menjadi anggota
3. Pelacakan gerakan item, termasuk sewa mobil, bagasi maskapai penerbangan

Penemu Barcode
Siapakah tokoh paling berjasa di dunia bisnis dunia khususnya bidang perdagadang ritail??? Dari sejarah di atas kita mengenal nama Norman Joseph Woodland. Siapakah dia??? Dia adalah penemu barcode yang sekarang digunakan di seluruh dunia. Norman Joseph Woodland Lahir 6 September 1921 dikenal sebagai salah satu penemu barcode, di mana dia menerima US Patent 2.612.994 pada bulan Oktober 1952. Ia juga dikenal sebagai N.Joseph Woodland dan NJ Woodland. Woodland lahir di Atlantic City, New Jersey.


Setelah lulus dari Atlantic City High School, Woodland melanjutkan untuk mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Mesin (BSME) dari Drexel University tahun 1947. Selama dinas militer di Perang Dunia II, Woodland bekerja sebagai asisten teknis dengan Proyek Manhattan di Oak Ridge, Tennessee. Dari 1948-1949, Woodland bekerja sebagai dosen di teknik mesin di Drexel. Dan saat detik ini dia dijuluki ” The Father of the Supermarket scanning system”.


Demikian sekilas tentang mengenal barcode. Artikel ini mengutip dari beberapa sumber salah satunya adalah www.wikipida.org.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mengenal Barcode dan Penemunya

Terkait Mengenal Barcode dan Penemunya



5 Komentar:

ouw gitu ya mas, makasih infonya

sudah tau apa itu barcode,tapi tidak tau penemu dan sejarahnya...thanks infonya

@Lord : sekarang jadi tahu kan??? Oke makasih kembali

Salam sahabat
Ehm ini sekilas mengenahi barcode saya menggunakan app barcode pada iPhone saya mas

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.