--> Mengenal Jenis-Jenis VGA Komputer | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

11/29/2011

Mengenal Jenis-Jenis VGA Komputer

| 11/29/2011
Setelah kemarin kita mengenal pendingin processor, sekarang mari kita mengenal jenis-jenis VGA. Sebelum kita mengenal jenis-jenis VGA kita mulai dari mencari tahu apa sih VGA itu.

VGA adalah Video Graphic Adapter yang berfungsi menterjemahkan informasi keluaran komputer ke dalam bentuk gambar pada sebuah layar monitor. VGA sebagai standar tampilan komputer pertama kali dipasarkan oleh sebuah perusahaan komputer ternama yitu IBM pada tahun 1987.

Jenis-Jenis VGA Berdasarkan Slot
Jenis VGA AGP, awal dibuatnya VGA AGP, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot AGP untuk memasang VGA jenis AGP. VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. berikut adalah gambar VGA AGP.

Jenis VGA PCI, VGA card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot PCI, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Jenis VGA PCI Express, perkembangan slot PCI selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang VGA jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik VGA jenis PCI express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express.

Selain jenis-jenis VGA di atas, VGA juga dibedakan lagi berdasarkan letak sebuah VGA ditanam atau dipasang. Berdasarkan perbedaan ini ada dua jenis VGA, yaitu VGA On Board dan Add On.

VGA Onboar adalah VGA yang sudah tertanam secara pabrikan pada motherboard. Sedangkan VGA Add On adalah jenis VGA yang bisa dipasang dan dicopot pada slot seperti yang telah disebutkan pada jenis-jenis VGA berdasarkan slotnya. Chip yang paling banyak digunakan untuk VGA On Board adalah Intel, VIA, dan SIS.

Jenis-Jenis VGA Terbaik
Anda mungkin sedang mempertimbangkan mau membeli VGA apa yang cocok dan baik untuk komputer anda. Meskipun kebanyakan mobo sekarang sudah mengintegrasikan VGA di dalamnya, namun bagi sebagian orang hal itu kurang memuaskan. Maka mereka akan mencari VGA yang lebih memiliki daya tinggi. Solusinya adalah membeli VGA add on. Lalu kira-kira merk apa yang terbaik. Selebelum melangkah memilih merk sebaiknya sesuaikan dulu dengan keuangan anda. Di sini saya rekomendasikan VGA add on yang baik, ini banyak direkomendasikan oleh para komputer mania.
ATI RADEON
ATI Radeon adalah merek graphics processing unit (GPU) yang sejak tahun 2000 telah diproduksi oleh ATI Technologies. Ada empat kelompok yang berbeda, yang dapat dibedakan oleh generasi DirectX mereka mendukung. perbedaan yang lebih spesifik juga dapat diikuti, seperti versi HyperZ, jumlah pipa pixel, dan Tentu saja, memori dan kecepatan prosesor jam.

NVIDIA GeForce
Ini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang mengkhususkan diri dalam pengembangan unit pengolahan grafis dan teknologi chipset untuk workstation, komputer pribadi, dan perangkat mobile. Berbasis di Santa Clara, California, perusahaan telah menjadi pemasok utama dari sirkuit terintegrasi (IC), merancang unit pengolahan grafis (GPU) dan chipset yang digunakan dalam kartu grafis, dalam motherboard komputer pribadi, dan konsol permainan video.

Nah itulah jenis-jenis VGA komputer yang dapat kita ketahui. Semoga bisa semakin memperkaya pengetahuan kita tentang komputer khususnya tentang hardware komputer.

Related Posts