Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bisa Mati atau Shutdown

Komputer tidak bisa dimatikan atau tidak bisa dishutdown? Kasus seperti sering terjadi pada pengguna OS Windows. Untuk para pemula atau pengguna awam, masalah ini lumayan membuat stress. Tentu hal ini karena kurangnya pengetahuan tentang komputer dan tidak ada keberanian untuk melakukan tindakan sendiri atas kasus yang dihadapi. Maka saran saya, agar anda lebih berani dalam mengambil tindakan, bekali anda dengan pengetahuan teknisi komputer secara lengakap. Anda bisa mendapatkan semua panduan tentang teknisi komputer baik hardware maupun software di http://goo.gl/egWgR, atau teruskan aja membaca artikel ini.

Komputer tidak bisa mati atau tidak bisa shutdown bisa banyak penyebabnya. Nah, mungkin salah satu kasus yang saya sebutkan di bawah ini adalah kasus yang sedang anda hadapi.

Beberapa Penyebab Komputer Tidak Bisa Mati
  1. Problem ini umumnya karena registry Fast Shutdown dalam kondisi aktif. Solusi; cobalah buka registry dan non-aktifkan Fast Shutdown.
  2. Setting pada BIOS. Saya pernah menemukan bahwa penyebabnya adalah setting tertentu pada BIOS. Solusi; ketika saya kembalikan setting BIOS keposisi default, ternyata komputer bisa dimatikan
  3. Perilaku ini juga sering terjadi jika jika Anda menginstal beberapa antivirus dalam satu komputer terutama misalnya versi Norton Antivirus 2003 dulu yang menggunakan program ccApp.exe. Solusi; hendaknya Anda selektif menggunakan antivirus apalagi memasang lbih dari satu antivirus sekaligus dalam satu komputer, hal itu lumayan rawan. Bisa saja justru terjadi perang antivirus dalam komputer Anda. Jalan keluar adalah uninstall dan install ulang antivirus.
  4. Masih ada program yang sedang berjalan. Solusi; Terutama pada windows XP jika masih ada program yang belum ditutup, biasanya komputer menunggu kita untuk menutupnya barulah ia shut down.
  5. Device driver tidak kompatibel, rusak, atau konflik antar mereka. Solusi; Periksa device driver yang mungkin Anda baru pasang jangan sampai ini penyebabnya.
  6. Ada kesalahan adaptor video pada IRQ dalam modus real. Solusi; ganti VGA card.
  7. Masalah ini juga terjadi pada komputer yang mendukung Advanced Power Management (APM). Secara default, fitur ini tidak diaktifkan pada Windows XP. Jika BIOS di komputer Anda sudah diatur untuk APM, dan Anda meng-upgrade ke Windows XP, Anda menerima pesan ini ketika Anda shutdown komputer, dan kemudian komputer berhenti merespons.
Solusi untuk nomor 7;
1. Klik [Start], dan klik lagi [Control Panel].
2. Dalam Control Panel, klik [Performance and Maintenance], kemudian klik [Power Options].
3. Klik tab [APM].
4. Beri tanda centang pada [Enable Advanced Power Management Support] kemudian klik [OK].

Cara Cepat Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bisa Mati
Apabila anda tidak mau dibikin pusing atau tidak mau repot, silakan anda coba tips dibawah ini. Mungkin ini adalah cara tercepat  agar komputer anda bisa cepat mati.
  1. Klik Start Menu -> Run -> ketik regedit
  2. Buka HKEY_CURRENT_USER -> Control Panel -> Desktop
  3. Klik dua kali pada PowerOffActive dan ubah nilai nya menjadi 1
Cara Paling Cepat Mematikan Komputer
Kalau di atas adalah cara cepat mengatasi masalah komputer tidak mau mati atau tidak mau shutdown. Nah, kalau yang dibawah ini adalah cara yang cepat dan akurat. Saya jamin komputer anda akan mati dengan mudah. Tapi ada cara aman dan tidak aman. Mau yang mana dulu? Oke cara yang aman dulu.

Cara Aman Mematikan Komputer Tanpa Shutdown.
Tekan tombol power pada CPU kurang lebih selama 15 detik atau tunggu sampai CPU benar-benar mati. Nah ini adalah cara aman mematikan komputer saat komputer mogok shutdown ataupun dalam keadaan hang. Dengan cara ini, komputer akan tetap mati secara aman, artinya tidak mati secara mendadak sehingga membuat kejutan pada hardisk yang sedang berputar/bekerja.

Cara Tidak Aman Mematikan Komputer
Hehehe... kalau cara-cara di atas sudah tidak mampu lagi mematikan komputer, terpaksa kita menggunakan jurus terakhir deh. Cara ini memang terbilang tidak aman, karena efek samapingnya bisa menyebabkan kerusakan pada HDD, file corupt dan lain-lain. Gemana caranya? Cabut aja jek listriknya, dijamin komputer langsung mati. Wkakakakakak.........