--> 7 Penyebab Komputer Lambat dan 7 Cara Mengatasi Komputer Lambat | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

6/23/2013

7 Penyebab Komputer Lambat dan 7 Cara Mengatasi Komputer Lambat

| 6/23/2013


7  Penyebab Komputer Lambat dan 7 Cara Mengatasi Komputer Lambat ~ Komputer lambat seprti keong? Hmmm..... padahal kerjaan menumpuk dan semuanya dikejar deadline. Kalau sudah seperti ini, komputer yang fungsi utamanya adalah untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat tidak ada gunanya sama sekali.

Alih-alih bisa mempercepat pekerjaan, malah membuat anda stres luar biasa. Pekerjaan tidak kunjung selesai, komputer berjalan super lambat atau bahkan hang atau tidak bekerja sama seklai. Haduh...... benar-benar bikin sres deh. Mungkin anda merasa ingin menghancurkan komputer atau laptop anda. Memukul dan mencabik-cabik menggunakan martil atau apapun yang penting bisa melampiaskan kekesalan anda. 

Stop!!! Jangan lakukan itu ya!!! Hehehehe......
Mari kita cari tahu penyebab komputer menjadi lambat. Setelah itu kita juga cari jalan penyelesaiannya. Sehingga komputer anda bisa kembali berjalan normal atau bahkan bisa bekerja super ngebut. Baiklah, mari kita analisa berdasarkan beberapa masalah berikut, siapa tahu salah satunya adalah komputer anda.

7 Penyebab Komputer Menjadi Lambat
1. Kekurangan Memory
Agar komputer bisa berjalan dengan normal atau bahkan cepat tentu harus memenuhi syarat minimum dari sebuah system. Makanya sangat perlu kita membaca terlebih dahulu system requirment sebelum menginstal atau menggunakan sebuah system operasi ataupun aplikasi.

2. Terlalu Banyak Scurity Program
Security program atau program pengaman komputer seperti anti virus, anti malware, anti spyware dan lain sebagainya akan berjalan setiap komputer melakukan startup dan berjalan secara beckground. Meskipun tampaknya tidak bekerja sebenarnya program-progam ini terus bejalan melakukan scaning terhadap komputer kita. Belum lagi akan terjadi saling serang antar program security, misal Avia akan menganggap SMADAV sebagai virus atau sebaliknya atau program-progam anti virus yang lain.

3. Komputer Lambat Karena Adanya Virus
Ada virus atau malware yang bersarang dikomputer akan semakin memperburuk kinerja komputer. Virus akan memakan resource komputer sangat banyak, karena dia akan terus bekerja menginvasi selurus bagian komputer dan terus menggandakan dirinya.

4. Komputer Lambat Karena Over Heat
Over heat atau terlalu panas bisa terjadi pada hardware komputer. Yang paling sering terjadi adalah pada procesor. Kemudian memory adan VGA Add On.

5. Komputer Lambar Karena Masalah Harddisk
Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

6. Komputer Lambat Karena Temporary File Membengkak
Temporary file adalah file sementara setiap kita membuka dan mengerjakan tugas menggunakan sebuah aplikasi. Maka komputer akan menyimpan file temporary pada harddisk. Semakin lama semakin besar dan menumpuk sehingga memakan space hardisk, dan semakin memperlambat kinerja komputer.

7. Komputer Lambat Karena Teralalu Banyak Startup Program
Startup program adalah program-program yang secara otomatis berjalan setiap komputer malakukan startup. Biasanya program-program anti virus secara langsung meyeting dirinya agar berjalan saat startup. Semakin banyak startup program, makan semakin besar resource yang dibutuhkan. Akhirnya komputer menjadi lambat

Nah, itu adalah 7 penyebab komputer menjadi lambat . Sekarang mari kita pecahkan solusinya, sehingga komputer lambat bisa menjadi cepat kembali.

7 Cara Mengatasi Komputer Lambat
1. Tambah Memory
Menambah memory secara fisik, misalnya yang tadinya hanya 512 menjadi 1GB atau yang tadinya 1GB menjadi 2 GB diyakini sangat bisa membantu dalam mempercepat kinerja komputer. Namun, selain itu ada juga trik-trik untuk mempercepat kinerja memory tanpa harus menambah memory sercara fisik. Tapi tentu saja menurut saya, menambah memory secara fisik adalah pilihan terbaik. Kalau anda tertarik dengan trik menambah kecepatan memori tanpa harus menambah memory secar fisik silakan klik disini.

2. Gunakan Anti Virus Terbaik
Banyak anti virus teinsap di komputer bukan jamian keamanan untuk komputer anda. Malah mengganggu kinerja komputer. Saran saya gunakan anti virus yang benar-benar baik. Baik secara kerjaa mengatasi masalah virus dan juga baik tidak menghabiskan resource, sehingga bisa berjalan secara cepat. Saya rekomendaikan anda menggunakan AVG Anti Virus atau ESET NOD, silakan pilih salah satu aja.

3. Bersihkan Komputer Dari Virus
Nah, karena komputer anda sudah terjangkiti virus tentu anda harus melakukan scaning menggunakan anti virus terbaik. Silakan bersihkan sampai tuntas

4. Gunakan Cooler Master Terbaik
Apabila terjadi over heat pada processor anda pastikan anda menggunakan cooler yang baik. Selain itu pastikan cooler tersebut terpasang dengan baik, karena renggang sedikit saja bisa mengakibatkan prosesor menjadi panas. Tambahkan juga kipas pada casing bagian samping.

5. Lakukan Defrag Pada Harddisk
Defragmantasi secara berkala terhada harddisk yang dibutuhkan agar susunan data dalam harddisk tetatp tertata rapi. Selain itu juga akan secara otomatis melakukan fix terhadap orror hardisk. Kalau ruang harddisk anda sudah sanat minim saya sarankan silakan upgrade harddisk anda ke yang lebih besar.

6. Bersihkan Temporary File
Untuk membersihkan temprory file sangat mudah. Silakan anda klik RUN, ketika prefetch dan hapus semua file yang ditemukan. Selain itu anda juga bisa menggunakan tool Disk CleanUP.

7. Disable Startup Program Yang Tidak Perlu
Untuk mendisable program-program sturtup yang tidak perlu silakan buka System Configuarion dengan cara  klik RUN ketikan msconfig kemudian enter. Masuk ke menu StartUp silakana dan disable program yang tidak perlu dengan cara menghilangkan centangya. 

Oke, itu adalah bahasan 7  Penyebab Komputer Lambat dan 7 Cara Mengatasi Komputer Lambat semoga bisa memberikan manfaat. Tentunya anda ingin ilmu komputer yang lebih lengkap, silakan anda baca-baca deh ebook-ebook teknisi komputer di bawah ini.

Related Posts