Cara Menambah Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM

RAM atau lebih dikenal dengan memory adalah komponen komputer yang cukup berpengaruh terhadap kecepatan sebuah komputer. Namun tahukah anda??? Bahwa kita bisa menambah kecepatan RAM tanpa Menambah RAM secara fisik. Kita bisa membuat virtual memory dengan menggunakan hardisk maupun flashdisk.

RAM dan hardisk maupun falshdisk memiliki kesamaan. Yaitu sama-sama media penyimpan atau memory. Perbedaannya adalah, RAM menyimpan data bersifat sementara atau temporary sedangkan hardisk dan flashdisk menyimpan data semi permanen. Dari kesamaan fungsi sebagai peyimpan data inilah, kita bisa menggunakan hardisk dan falahdisk untuk menambah kecepatan RAM.

Seperti kita ketahui, semakin banyak sebuah aplikasi yang kita jalankan pada komputer, semakin besar daya memory yang dibutuhkan. Belum lagi kalau aplikasi kita memang mengharuskan spesifikasi RAM yang cukup tinggi. Dengan demikian, maka kapasita RAM kita akan habis saat kita menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Hal ini bisa kita atasi dengan membuat virtual memory. Bagaimana caranya??? Nah inilah Cara Menambah Kecepatan RAM Tanpa Menambah RAM.

Solusi pertama bisa kita gunakan hardisk. Cara ini sangat mudah, sederhana dan tentunya hemat biaya. Ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Klik Kanan pada My Computer
  2. Klik Properties
  3. Klik Advance
  4. Pada Frame Performance Klik Setting
  5. Klik pada tab Advance
  6. Pada Frame Virtual Memory Klik Change
  7. Pastikan Drive Volume memilih Drive “C”
  8. Pada kolom Maximum Size isi dengan angka dua kali lipat dari kolom Initial Size
  9. Klik OK
  10. Klik Apply, Klik OK

Selesai sudah kita menambah kecepatan memory dengan menggunakan hardisk.

Solusi kedua adalah Menambah RAM dengan menggunakan flashdisk. Untuk menambah kecepatan RAM dengan menggunakan flashdisk, kita memerlukan software pembantu yaitu eBooster.exe. Untuk bisa menggunakan program eBooster.exe silakan langsung aja anda cari di google atau anda juga bisa mendownload lewat link Download eBooster.exe.

Nah mudah bukan Menambah Kecepatan RAM tanpa Menambah RAM. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.