Cara-Cara Mengatasi Masalah Sinyal HP Lemah


cara memperbaiki sinyal hp lemah

Cara-Cara Mengatasi Masalah Sinyal HP Lemah | Masalah yang sering terjadi pada hanphone atau HP adalah sinyal yang lemah. Terkadang sinyal hanya ada 3 bar atau 1 bar bahkan hilang sama sekali. Hal ini tentu tentu menjengkelkan, apalagi dikala darurat mau menelpon seseorang tiba-tiba sinyal HP ngedrop bahlan hilang sama sekali. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Untuk bisa memperbaiki sinyal HP yang lemah perlu diketahui dulu penyebabnya. Sinyal HP lemah disebabkan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yaitu karena lokasi anda yang jauh dari BTS, sehingga sulit menangkap sinyal. Sedangkan faktor internal disebabkan adanya masalah pada HP anda sendiri, misal PA ponsel yang sudah rusak atau software yang bermasalah.

Yang akan kita bahas di sini tentu adalah cara memperbaiki sinyal HP lemah yang diakibatkan faktor internal. Masalah akan kita bahas dari beberapa kasus. Lebih lengkapnya silakan lanjutkan membacanya sampai tuntas.



Cara Memperbaiki Masalah Sinyal HP Lemah
1. Reset Software
Mengapa hard reset diperlukan? Signal lemah tidak selalu disebabkan oleh komponen perangkat kerasnya (hardware), dalam sejumlah kasus ia juga bisa terjadi karena kondisi ponsel yang perlu di refresh, dan dalam hal ini anda bisa melakukan reset.
2. Memasang Penguat Sinyal
Signal handphone lemah terkadang bukan kerena adanya kerusakan pada sector komponen, tetapi kondisi tersebut dikarenakan kualitas signal receiver ponsel tersebut (biasanya ponsel pabrikan Cina). Jika kondisinya demikian, maka alternative yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli alat penguat signal untuk kemudian ditempelkan diponsel. Anda bisa membelinya di konter ponsel atau tempat servis.

3. Memperkuat Sinyal Dengan Alumunium Foil
Cara lain untuk mengatasi masalah signal hp lemah adalah dengan menempelkan aluminium foil pada bagian dalam penutup baterai ponsel. Potong aluminium foil kira-kira seukuran baterai handphone, kemudian tempelkan pada bagian dalam penutup baterai agar tidak kelihatan. Pastikan bahwa aluminum tersebut tidak bersentuhan langsung dengan perangkat elektroniknya agar tidak terjadi konsleting.

4. Memperkuat Sinyal Dengan Kumparan Tembaga
Jika ponsel anda gunakan sebagai modem anda bisa melakukan percobaan dengan membuat sebuah lingkaran yang menyerupai per dengan menggunakan kawat berbahan tembaga berdiameter lebih besar dari ukuran hp anda, kemudian letakkan ponsel anda pada bagian tengah lingkaran per tembaga tadi, lalu buktikan perbedaanya.

5. Membersihkan Bagian Dalam HP
Cara terakhir untuk mengatasi masalah sinyal lemah adalah dengan membersihkan ponsel. Buka casing ponsel. Jika anda memiliki obeng pembuka khusus ponsel bukalah bagian dalam dan bersihkan hingga ke sela-sela hardware.

Nah itu adalah cara-cara mengatasi masalah sinyal HP lemah, semoga bisa membantu anda yang saat ini dalam masalah tersebut. Intinya, kalau terjadi masalah baik itu pada komputer maupun HP jangan buru-buru di bawah ke tukang servis, coba lakukan usaha perbaikan secara mandiri. Kalau sudah tidak ada jalan keluar baru bawa ke tukang servis.