--> Cara Menghubungkan Komputer dengan Foto Copy Digital IR | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

5/02/2019

Cara Menghubungkan Komputer dengan Foto Copy Digital IR

| 5/02/2019
Cara Menghubungkan Komputer dengan Foto Copy Digital IR | Cara menghubungkan komputer dengan foto copy IR adaah setting agar mesin fotocopy bisa berfungsi sebagai printer bagi komputer. Artike ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Download Driver Printer Foto Copy Digital IR4570 - 3553 .

Sebelum melakukan setting pada komputer dan mesin fotocopy pastikan bahwa komputer anda sudah memiliki kartu LAN (Loca Area Network). Berikut langkah-langkah menghubungkan komputer dengan mesin foto copy secara lengkap.

Alat-alat yang di butuhkan Antara Lain :

  • Komputer ( PC ) yang telah dilengkapi TP LINK LAN ( Local Area Nertwork ).
  • Kabel koneksi / Kabel LAN
  • Driver canon IR (sesuaikan dengan type mesin foto copy anda) jika anda menggunakan IR 4570 silakan langsung download melalui ling di atas.
Setelah komputer terhubung dengan mesin foto copy menggunakan kabe LAN selanjutnya adalah melakukan setting IP address pada Komputer, contohnya:
  • IP: 192.168.1.1
  • Subnet Mask: 255.255.255.0
  • Gateway Address: 192.168.1.1

Setting IP Address pada Mesin Fotocopy, caranya:
  1. Tekan Tombol Additional Functions.
  2. System Setting.
  3. Network Setting.
  4. TCP/IP Setting.

Kemudian isikan setting sebagai berikut:
  • IP: 192.168.1.5
  • Subnet Mask : 255.255.255.0
  • Gateway Address: 192.168.1.1

kemudian kalau sudah terisi tekan OK > DONE > DONE > DONE > DONE ( sampai kembali ke tampilan awal ),Ready to copy dan restart mesin foto copy.

Sekarang baik di komputer maupun di mesin fotocopy sudah disetting IP adres sebagai alamat atau identitas untuk menghubungkan keduanya. Silakukan lakukan test koneksi antara komputer dan mesin fotocopy dengan cara:
tekan tombol windows dan “R” pada keyboard komputer secara bersamaan maka akan muncul jendela kecil.
  1. ketik : ping 192.168.1.5 -t kemudian tekan enter / ok
  2. Jika ada tulisan Reply from 192.168.1.5 maka koneksi antara mesin fotocopy dan komputer melalui kabel LAN telah berhasil terkoneksi dengan baik.

Seting pada PC :
  1. Download Driver canon IR
  2. Instal driver tersebut pada komputer anda
  3. Klik Start Menu -> Control Panel -> Printer and Faxes
  4. Pilih "Add a Printer" atau File -> Add Printer
  5. Next -> Pilih tipe koneksi printer anda (Local printer/Network printer)
  6. Pilih "Local... printer attached to this computer" - biarkan tanda centang pada Automatically Detect...",
  7. NEXT - jika ditemukan mesin copier iR maka lanjut no 6 - jika tidak ditemukan, Klik NEXT, kemudian pilih Port yg menghubungkan Fotokopi dgn Komputer
  8. bila menggunakan kabel parallel (LPT1) socket besar, pilih "LPT1: (Recommended Printer Port)" Klik NEXT
  9. bila menggunakan kabel network (LAN) socket kecil, pilih "Create a new port", pilih "Standard TCP/IP Port", Klik NEXT
  10. kemudian muncul "Add Standard TCP/IP Printer Port Wizard", Klik NEXT isikan Printer Name or IP Address dengan IP pada mesin foto kopi iR anda.(Contoh : 192.168.0.3) Klik NEXT, NEXT lagi, FINISH
    1. Pilih Canon pada Manufacturer, pada Printer cari & pilih "Canon iR (sesuai dengan typer foto copy anda" klik NEXT, pilih "Keep existing driver", NEXT beri nama pada Printer name terserah Anda (contoh: iR4570) pilih "Yes" jika ingin dijadikan Default Printer, Klik NEXT pilih "Do not share this printer" jika tidak ingin di sharing, Klik NEXT jangan mencoba print test page bila mesin foto kopi belum di setting, NEXT, FINISH.

Setelah proses instalasi selesai lakukan test page untuk memastikan printer telah terinstal dengan benar. Apabila semua proses sudah dilakukan dengan benar maka saat klik print test page maka foto copy akan langsung beroperasi layaknya memfotocopy biasa tapi yang dicetak adaah dokumen digita dari komputer.

Selamat sekarang anda sudah bisa mencetak atau ngeprint dari komputer ke mesin foto copy anda. Semoga dengan trik ini usaha jasa foto copy anda semakin sukses.

Related Posts