Cara Cek Komputer Apakah Terkena Virus atau Tidak

cara cek viru di komputer

Cara Cek Komputer Apakah Terkena Virus atau Tidak | Virus adalah prorgam komputer yang dibuat secara khusus untuk melakukan perusakan dan tindakan-tindakan ilegal lainnya. Seperti mencuri data dan dan pasword yang tersimpan di komputer. Belakangan ini ada virus yang mencuri pasword yang tersimpan di browser internet seperi mozilla dan chrome. Nah, anda perlu hati-hati jangan sampai komputer anda sudah terinfeksi oleh virus ini, apabila itu terjadi dikhawatirkan semua pasword online anda sudah dirampok oleh orang tidak bertanggung jawab.

Untuk mendeteksi komputer terkena virus atau tidak sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan anti virus yang resmi dan diupdate secara berkala. Selain itu komputer yang terkena virus biasanya akan memunculkan gejala-gejala aneh, misal komputer menjadi super lambat, akan ada file dan folder baru yang anda sendiri tidak pernah membuatnya. Misal, saat anda mencolokan flasdisk ke komputer kemudian di flasdisk tersbut secara otomatis terbentuk file dan folder baru yang terkadang aneh. Atau bahkan sebagain documen yang tersimpan di komputer mendadak hilang. Itu artinya komputer anda positif terjangkit virus.

Namun lain halnya jika yang menginfeksi komputer anda berupa virus yang dibuat secara khusus untuk melakukan pencurian data-data rahasia anda. Virus jenis ini tidak akan menampakan dirinya di komputer anda. Komputer akan berjalan normal tanpa ada gejala-gejala apapun, tapi sebenarnya mereka sedang bekerja merampok semua data rahasia di komputer anda. Huh........ ngeri ya......

Yuk kita cek apakah komputer anda aman dari perampok menjijikan ini.
Hal pertama yang harus anda cek adalah startup komputer anda. Salah satu kerja virus adalah bekerja secara otomatis ketika komputer dihidupkan dengan memanfaatkan fitur start up dari windows. Silakan anda cek di System Configuration bagian StarUp.
Kalau dalam daftar starup ada program yang bersifat aneh dan tidak anda kenal sebaiknya segera matikan dan cari sumber virus tersebut dan segaera basmi.

Selain di system configuration anda juga bisa cek di alamat : C:\Users\\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup\ lihat daftar dari startup di situ dan buang yang tidak anda kenal.

Virus yang sudah menginfeksi dan bekerja juga akan menempatkan induk virusnya di alamat C:\Users\\AppData\Local\Temp maka dalam folder inipun harus anda cermati jangan sampai ada virus bersarang. 

Virus tidak hanya menginfeksi bagian-bagian itu saja, tapi juga akan menginfeksi Registri Editor dan membuat setingan-setingan tertentu sehingga beberapa fitur dari windows tidak aktif. Misal, control panel yang tidak bisa dibuka, registri editor menjadi nonaktif, task manager di disable dan masih banyak lagi. Nah, kalau anda mendapati semua fitur-fitur tersebut mati pada komputer anda itu artinya komputer anda positif terjangkit virus.

Nah itu cara cek komputer apakah terkena virus atau tidak, sedangkan cara membasminya alangkah baiknya kalau anda menggunakan anti virus yang legal, karena keamanannya sudah terjamin. Daripada menggunakan anti virus ilegal, malah terkadang justru itu yang menjadi sumber penyebaran virus.