16 Cara Meningkatkan Traffic Blog Anda


Seo, seo dan seo…. Itu yang selalu dipelajari oleh blogger pemula seperti saya. Memang mengoptimalkan blog di search engine bukan pekerjaan yang mudah (bagi pemula seperti saya tentunya). Nah tulisan ini mudah-mudahan akan bisa membantu saya dan teman-teman yang sedang semangat-semangatnya meningkatkan traffic blog/ web-nya. Tulisan ini saya sadur dari http://teddyhariadi.com/category/blogging-tips/ dengan judul asku 75 Cara Untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda tips dan triknya sangat berkualitas, tapi lumayan cape untuk mempelajarinya, 75 tips gitu loh…. Akhirnya aku ambil sebagian, kemudian aku praktikkan dan aku posting disini. Nah inilah sebagian dari 75 Cara Untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda yang saya copy paste dari http://teddyhariadi.com. Nah karena yang aku ambil hanya 16 Cara Meningkatkan Trafffic Blog jadi aku beri judul nih postingan 16 Cara Meningkatkan Traffic Blog Anda. Silakan dibaca, dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.
1. Tulis contain lebih banyak. Jika anda menginginkan traffic, anda harus menulis contain. Orang-arang tidak akan mengunjungi site anda jika anda tidak menulis contain yang baik, menarik & berkualitas, dan pengunjung baru tidak akan kembali ke blog anda. Maka teruslah menulis postingan yang menarik.
3. Design & layout yang baik. Jika design site anda berantakan, navigasinya sulit, warnanya tidak match atau mengganggu penglihatan (silau), atao juga full error, pengunjung pasti tidak akan betah untuk berlama-lama diblog anda.
4. Respon segera commentar & email. Orang akan menyukai blog yang pemiliknya interaktiv & yang merespon segera commentar dan email yang masuk. Jika anda melakukan ini akan banyak pembaca yang akan setia dan menyukai anda & anda akan mendapatkan traffic dan link lebih banyak.
5. Gunakan MyBlogLog. SignUp ke MyBlogLog & join ke semua MyBlogLog communities (max. 15 communities per hari), dan anda akan melihat visitor akan berdatangan ke blog anda dari MyBlogLog.
6. Perhatikan dan pelajari statistik anda. Pelajari statistic dan google Analitic anda. Lihat keyword apa yang digunakan pengunjung untuk mencari blog anda & artikel apa yang disukai atau yang tidak disukai pembaca blog anda. Ini akan membantu anda untuk menentukan tulisan anda selanjutnya yang bisa popular & disisipi dengan keyword yang efektif.

7. Buat “Lens” di Squidoo. Di Squidoo, anda dapat membuat “lens” anda sendiri, juga aka & halaman pada site mereka. Buat sebuah “lens” yang berhubungan dengan blog anda dan pastikan anda mengelinkannya dengan blog anda. Di Squidoo anda juga bias menghasilkan uang. klik disini untuk pelajari lebih lanjut.

8. Comment pada blog lain. Ketika anda memberikan komentar di log lain 99.9 % ada box dimana anda dapat menuliskan alamat URL blog anda. Dari sini ketika seseorang melihat komentar anda mereka dapat mengklik URL blog anda. Berikanlah komentar pada blog yang berbeda sebanyak-banyaknya, makin banyak anda memberikan komentar maka akan semakin banyak traffic yang anda dapatkan.

8. Submit Blog anda ke search engine. Banyak orang yang mayoritas trafficnya didapat dari search engine. Ketika orang mencari dengan keyword anda dan menemukan site anda, anda akan mendapatkan traffic! Klik disini untuk submit blog anda agar diindex oleh google jika anda belum pernah melakukannya, dan ingat untuk tetap menulis contain baru agar blog anda tetap memiliki peringkat di search engine.
9. Jalin kerjasama dengan blogger lain. Kembangkan kerja sama dengan semua blogger lain terutama yang blognya sejalan dengan blog anda. Berikan komentar pada blog mereka buat percakapan, link dengan mereka & jalin persahabatan. Dan sebelum anda mengetahui mereka akan mengelink blog anda yang tentunya akan mendatangkan traffic ke blog anda.
10. Submit ke site directory. Beberapa directory melisting ratusan site, & beberapa ribuan. Blacklink dari directory adalah baik, tapi traffic dari directory hanya sebuah tric kecil, bahkan hampir tidak ada hasil. Walaupun demikian submit dengan nama site anda menggunakan keyword anda akan dapat ranking yang lebih tinngi di Google untuk keyword tersebut, yang akan berarti traffic yang lebih banyak.

11. Pertahankan blog carnival anda. Menurut saya blog carnival sangat menyenangkan untuk dipertahankan. Orang akan submit artikel mereka ke carnival anda, & hampir semua orang2 ini akan mengunjungi edisi carnival anda untuk melihat link mereka disana. Dan carnival anda dapat juga menjadi yang utama & tampil di homepage website Blog Carnival.

12. Dapatkan “plugin” ke social bookmarking site. Pada setiap artikel blog sering didapati barisan tombol yang mempersilahkan para pembaca untuk submit dan vote artikel ke social bookmarking site (Digg, Reddit, Netscape, atau yang lainnya). Saya sendiri menggunakan AntiSocial plugin. Jika anda anda mengimplementasikan plugin ini artikel anda akan tersubmit ke social bookmarking site yang berarti traffic yang lebih banyak.

13. Ketika masa perayaan tiba, tulislah tentang hal itu. Ketika Easter, Lebaran, Thanksgiving, Chrismas, atau hari-hari libur/perayaan lain tiba, buatlah post tentang hal itu sebulan sebelumnya. Pastikan postingan anda terindex & dilink. Ketika harinya tiba, kemungkinan akan dicari oleh banyak orang & blog kamu mungkin akan ditemukan.

14. Jadilah manusia, bukan robot. Jika di dalam semua poting anda selalu hanya meneriakkan business secara extrim, misalnya tidak menampilkan diri anda, hanya berbicara tentang hal yang sama setiap waktu, atau 100 % sempurna, hal itu kan membuat mereka menjauh. Saya tidak bermaksud mangatakan anda untuk selalu sopan, berbicara tentang diri anda setiap waktu, melenceng dari topic anda, atau berbuat banyak kesalahan. Tetapi biarkan para pembaca anda tahu bahwa anda juga seperti mereka, bahwa anda juga manusia biasa. Jangan buat blog anda membosankan.

15. Buatlah postingan link yang digemari. Saya mencoba membuat post link yang saya sukai setiap 2 kali seminggu. Ini hanya potingan link ke artikel di blogosphere atau ke web yang saya suka, terutama yang relefan dengan tema blog saya. Hal ini tidak hanya akan mendapatkan trackback, tapi juga akan memberikan anda kesempatan untuk mendapatkan medapatkan link balik yang berarti traffic.

16. Tulis sebuah post dengan title yang menarik, gampang diingat & mengandung keyword. Postingan dengan title yang menarik & gampang diingat biasanya akan mendapatkan traffic yang lebih banyak, apalagi jika mengandung keyword. Anda akan mendapatkan rangking di search engine, dan jika seseorang melink artikel anda dengan keywords tersebut anda akan mendapatkan rangking yang lebih baik dan akan mendapatkan traffic lebih dari google, yahoo, atau yang lainnya.