Belajar Merakit Komputer Sendiri


Mungkin bagi sebagian sobat Fadhil, bisa merakit komputer sendiri merupakan keinginan atau bahkan mungkin sebuah impian. Sebenarnya merakit komputer bukan hal yang sulit. Percaya deh, menurut saya lebih sulir mereparasi radio daripada merakit komputer.

Sebagai pemula yang ingin belajar merakit komputer sendiri tentu banyak sekali pertimbangan. Mulai dari berapa modal yang dibutuhkan sampai dengan tingkat resiko akan terjadi bila terjadi kegagalan. Hal ini juga saya alami dulu pada saat akan mencoba merakit komputer sendiri. Hal yang pertama harus disiapkan untuk merakit komputer tentunya adalah komponen-komponen yang dibutuhkan. Berikut adalah komponen-komonen yang dibutuhkan :
  1. Casing (wajib)
  2. Motherboard (wajib)
  3. Processor (wajib)
  4. Memory (wajib)
  5. VGA Card (option)
  6. Sound Card  (option)
  7. Hardisk (wajib)
  8. CD-Rom (wajib)
  9. Monitor

Pada point di atas ada beberapa komponen yang saya tandai dengan (option), artinya itu adalah kita bisa memilih alternetif. Sebab ada VGA Card dan Soun Card yang onboard ada juga yang merupakan komponen tambahan. Nah ini tentu kaitannya adalah dengan penghematan biaya perakitan. Berikut tips saya berikan tips agar hemat dalam belajar merakit komputer. Untuk pemula alangkah baiknya kita gunakan saja komputer Pentium III. Saat ini, pentium III masih tersedia di toko-toko komputer. Coba datanga aja ke toko komputer terdekat. Gunakan VGA dan sound card yang onboard saja. Berikut perkiraan harga apabila kita merakit komputer pentium III
  1. Casing (new) Rp. 150.000
  2. Motherboard (vga +sound on) + Processor P III (second) Rp. 250.000
  3. Memory SDR (second) 128 Rp. 60.000
  4. Hardisk 10 GB (second) Rp. 120.000
  5. CD-Rom 52 x (second) Rp. 60.000
  6. Monitor (second) Rp. 350.000
Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 990.000
Nah relatif hemat kan. Tentunya dengan catatan daftar harga di setiap toko berbeda. Siapa tahu di tokoh dekat rumah anda lebih murah.

Setelah komponen-komponen didapat, adalagi satu hal yang wajib untuk dimiliki yaitu software. Software yang dibutuhkan adalah System Operasi dan Aplikasi. Untuk sistem operasi silakan anda bisa memilih mau yang mana Window 98, Windows ME, atau Windows XP. Yang penting ajanga gunakan system operasi windows vista apalagi windows 7. Komponen kita gak akan mampu mengangkatnya system operasi tersebut. Kemudian program aplikasi mutlak anda butuhkan, misalnya aplikasi Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel dan lain sebagainya tergantung apa yang kita butuhkan. Catatan saya tidak menyediakan software-software tersebut, cari aja di internet. Banyak tersedia yang gratisan kok.

Nah kalau komponen-komponennya sudah siap coba kita merakitnya :
  1. Pasang Processor dan Memory pada motherboard (jangan takut salah pasang, tinggalkan sesuaikan saja antara PIN dan slotnya, kalau ga pas gak bakalan masuk dan jangan dipaksa)
  2. Pasang motherborad pada casing
  3. Pasang CD Rom pada casing
  4. Pasang Hardisk pada casing
  5. Pasang semua kabel power dari power suplay ke motherboar, CD Rom, hardisk dan yang lainnya.
  6. Hidupkan komputer anda
  7. Seting agar komputer boot dari CD Rom, caranya pada saat booting silakan tekan tombol delete, F2, atau F10 (hal ini tergantung motherboar yang kita gunakan). Biasanya saat komputer pertama hidup ada perinta Pres Delete to enter setup (ini contoh yang menggunakan tombol delete untuk masuk BIOS.
  8. Cari menu Boot Priority, seting First Boot menjadi CD/DVD Rom.
  9. Simpan hasil setingan anda.
  10. Masukan CD Bootable system operasi ke CD Rom
  11. Restart komputer anda dan ikuti langkah-langkah instalasi system operasi sesuai dengan petunjuk yang muncul


Obe sobat Fadhil, mungkin tulisan ini kurang lengkap, untuk itu mohon maaf. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.