Cara Memasang Dua Memori


Untuk meningkatkan performa computer, banyak hal yang biasa orang lakukan. Entah dengan menggunakan software akselerasi atau dengan mengupgrade hardware. Tapi dari kebanyak orang adalah dengan cara mengupgrade hardware.

Contoh yang paling sering saya temukan adalah dengan cara mengupgrade memori. Hal ini dilakukan karena bisa menghemat biaya. Karena kalau seumpamanya kita ingin mengupgrade processor ada kumungkinan kita harus mengganti mother board. Jadi kalau anda memiliki komputer Pentium III gak usah berkecil hati, toh fungsinya sama aja yang penting bisa untuk ngetik (kaya punya saya). Tapi kalau untuk pengguna advance, komputer untuk bermain game 3D, komputer dengan hardware kelas hight mutlak diperlukan. Tapi kalau cuma untuk ngetik dan desain website, Pentium III masih layak dipelihara.

Untuk orang-orang yang masih memelihara komputer Pentium III seperti saya upgrade memori adalah solusi sederhana untuk mengupgrade komputer. Kalau komputer baru memiliki satu keping memori dan tersedia 2 atau 3 slot memori, maka kita bisa menambahkan kepingan memori. Dengan cara seperti ini maka memori yang terdahulu tidak harus dibuang. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu memori-memori yang dipasang harus memiliki PC yang sama. Contoh kalau memori yang sudah ada memiliki PC 2700 maka memori baru yang akan kita tambahkan harus memiliki PC yang sama yaitu 2700 juga.

Kalau dari segi ukuran dan merk tidak bermasalah kita memasang merk dan ukuran yang berbeda. Contoh yang saya pasang adalah memori Kingston SDR 128 PC 133 dan AM1 SDR 256 PC 133. Bagaimana kalau kita memasang dua memori yang berbeda PC, sebenarnya gak begitu masalah. Memori akan menyerasikan dengan PC terendah. Umpamanya kita pasa PC 100 dan PC 133 maka kecepatan yang didapat adalah PC 100. Dari segi teknis tidak bermasalah, cuma merasa gak pas aja, kita harus kehilangan kecepatan dari salah satu memori yang kita pasang.

Kayaknya segitu dulu aja deh. Nih juga bingung setengah mati, dan pasti sahabat netter tukang ngoprek punya pengalaman dan pengetahuan sendiri. Jadi kalau mau sharing pengalaman silakan beri komentar atas tulisan ini.