Tips Memunculkan Ide Menulis di Blog

HTML clipboard
Tips Memunculkan Ide Menulis di Blog ini saya buat untuk menunjang kegiatan ngeblog saya pribadi, sukur-sukur bisa bermanfaat bagi sobat yan glain. Menulis merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari dunia blogger. Karena dengan kita menjadi blogger, berarti kita siap menjadi seorang penulis. Penulis di sini tentu tidak seperti penulis para prefessional yang dituntut dengan kualitas dan dibatasi etika dan norma jurnalisme. Mungkin saya sebagai blogger pemula belum bisa menjangkau hal tersebut.


Namun kalau kita pengen eksis di dunia maya dan digandrungi banyak netter, tentu kita juga harus memenuhi kriteria di atas. Yaitu menjadi penulis yang prefessional dan menjunjung tinggi etika dan norma jurnalisme. Salah satu etik yang harus dijaga adalah tindakan plagiat, yaitu mempublish artikel atau tulisan orang lain tanpa seijin penulis. Hal ini tidak hanya dibenci oleh orang lain, tapi juga merugikan diri sendiri. Karena secara perlahan kita membunuh jiwa kreatif diri kita sendiri.


Untuk bisa terus melahirkan tulisan-tulisan yang original (yang penting original dulu) tentu perlu ada dukungan dan tips tersendiri yang harus dipenuhi. Dukungan tentu bukan dukungan dari luar, melainkan dukungan dari dalam diri kita sendiri. Dukungan utama adalah adanya hobi membaca dan menulis. Dengan membaca kita beruasaha menyerap ilmu dari luar, sedangkan dengan menulis kita belajar melahirkan ilmu yang sudah kita serap dengan gaya kita sendiri. Sehingga meskipun malahirkan ilmu yang sama dengan penulis-penulis lain, tapi dalam penyampaiannya atau penulisanya kita memiliki ciri khas tersendiri. Ingat menulis adalah bagian dari seni.


Kaitannya dengan kegiatan blogger, menulis tentu sangat diperlukan. Kerena content blog yang kita miliki tidak ada kalau kita tidak memiliki kemampuan untuk menulis. Namun tekadang untuk menulis di blog, kita kehabisan ide. Apa yang akan kita tulis??? Untuk menyiasati ini kita perlu membuat skema blog kita. Sebagai pemula seperti saya, lebih baik membuat blog dengan tema genereal. Dengan mebuat tema general kita akan bebas menulis apapun sesuai dengan mood kita. Lain halnya dengan tema yang spesifik, kita dibatasi oleh tema itu sendiri, dan tetntunya kita harus menjadi orang yang benar-benar ahli dalam tema yang kita pilih.

Setelah yakin dengan tema blog kita, tentukan topik apa saja yang akan kita sajikan dalam blog kesayangan kita. Buat catatan toopik-topik yang akan kita tulis. Buat tulisan pertopik secara begantian dan periodik. Ini untuk menghindarai kejenuhan kita dalam menulis dan menghindari kehabisan ide menulis.Kalau kita seacra terus menerus menulis dalam topik yang sama, tentu lama kelamaan kita akan bosan dan kehilangan ide. Akhirnya mati gaya deh.


Langkah selanjutnya adalah lakukan searching di internet berkaitan dengan topik yang akan kita tulis. Kumpulkan referensi-referensi bermutu. Ambil inti sari dari tulisan-tulisan tersebut, fahami dan tulis kembali dengan bahasa dan gaya kita sendiri. 


Nah itu adalah tips memunculkan ide menulis di blog agar kita tidak kehabisan ide dalam menulis artikel di blog kita. Semoga bermanfaat.