Mengenal Lebih Dekat Tentang SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah seni dalam mendatangkan pengunjung pada web atau blog kita. Kenapa saya sebuh sebagai seni, karena begitu uniknya SEO, sehingga saya sendiri tidak mampu memahami SEO dengan baik.

Dalam dunia SEO dikenal dua macam SEO, yaitu SEO on page dan SEO of page. Mari kita mengenal lebih dekat kedua jenis SEO ini.

SEO on page adalah seni mengoptimasi sebuah web atau blog dari dalam agar ramai dikunjungi netter. Menurut hasil diskusi saya dengan teman-teman di Dhana Discusion, serch engine khususnya google akan merayapi web atau blog kita dimulai dari URL, kemudian ke Title, kemudian ke Description, lalu merayapi meta tag keyword, dan yang terakhir adalah merayap ke artikel. Dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa instrumen SEO on page ada pada :
1. URL web/ blog
2. Title web/ blog
3. Description atau keterangan singkat dari sebuah web/ blog
4. Meta tag keyword
5. Artikel

SEO of page adalah seni mengoptimasi web atau blog dengan instrumen pendukung dari luar. Apa saja instrumen pendukung sebuah web atau blog dari luar??? Yaitu adanya indek dari search engine dan dukungan backlink. Agar web atau blog kita terindek oleh serch engine, tentu kita harus mensubmit URL kita ke serch engine yang kita inginkan. Backlink tidak kalah pentinganya dengan indek search engine, dengan semakin banyaknya web atau blog yang ngelink ke web atau blog kita, maka posisi web atau blog kita akan dipadang penting dalam sebuah pencarian search engine.

Nah sobat, inilah artikel Mengenal Lebih Dekat Tentang SEO yang saya persembahkan buat sobat blogger semua. Tentu banyak kekurangan, karena saya bukan ahli SEO. Kepada para master SEO yang kebetulan membaca artikel ini, dimohon dengan hormat untuk menyempurnakan tulisan ini dengan memberikan komentarnya.