Waspadai Software Radmin

HTML clipboard
Radmin adalah software aplikasi yang tertanam pada sebuah komputer server dalam sebuah jaringan yang dapat meremot dan mengontrol clien dalam sebuah jaringan komputer dan dapat mengontrol jaringan komputer tanpa harus menyentuh komputer client. Dengan software radmin ini kita bisa mengontrol komputer client meliputi mematikan, merestart, dan semua operasi yang bisasa dilakukan dalam sebuah komputer termasuk mengintai semua aktifitas dalam komputer client.

Software radmin ini biasa diinstall dalam sebuah server jaringan laboratorium komputer sekolah untuk memonitor siswa dalam belajar dan memudahkan guru dalam memberikan pelajaran komputer. Selain itu juga di install dalam komputer server warnet, dengan tujuan untuk memudahkan operator warnet dalam merestart dan mematikan komputer client tanpa harus masuk bilik warnet.

Namun apa jadinya kalau operator warnet berlaku curang atau tidak amanah. Operator warnet menyalah gunakan wewenangnya sebagai operator yang bertugas sebagai pelayan malah beralih tugas sebagai pengintai. Dengan software radmin, seorang operator bisa bebas melihat aktifitas apa saja seorang pelanggan.
Bagaimana jadinya kalau kita membaca email yang sifatnya rahasia, misal mengandung User ID dan Password. Dengan mudah seorang operator warnet bisa mengetahui semua itu. Untuk menanggulang hal tersebut, lakukan langkah-langkah di bawah ini :

Hentikan Proses Radmin :
Mematikan Radmin melalui MS DOS:
1. Jalankan MS DOS Prompt (start>>Programs>>Accessories>>Command Prompt/CMD atau dengan menjalankan program Run > ketik cmd (enter)
2. Jalankan/ketikkan r_server /setup (enter)
3. Setelah muncul properties setting for administrator server, pilih set password, lalu hapus password/tanda ||||, lalu masukkan sembarang password..?

Mematikan Radmin dengan bantuan software :
Software yang bisa anda gunakan adalah Instal process XP, anda dapat mendownload nya di http://www.microsoft.com/technet/sysinternals/Utilities/ProcessExplorer.mspx  cuma 1.5 Mb. Setelah ter instal cari tulisan r_server kemudian klik kill process tree, kemudian klik OK.
Dengan cara ini mudah-mudahan kita akan lebih aman menjalankan aktifitas online kita di warnet. Tapi tentunya seorang operator yang jujur dan amanah lebih memberikan kemanan dibanding software apapun.