Cara Mematikan Auto Run Pada Windows XP

Auto Run adalah sebuah perintah untuk mengotomatiskan sebuah program berjalan. Auto Run ini biasanya di letakan dalam CD dan Flashdisk untuk menjalankan suatu program yang ada pada CD atau flashdisk tersebut. Perintah auto run memberikan kemudahan kepada kita, contoh saat kita akan mengintall driver dengan menggunakan CD driver yang sudah auto run, maka kita tidak perlu lagi mencari driver yang kita butuhkan secara manual.

Namun dibalik manfaat yang diberikan, ternyata auto run juga bisa mengancam keselamatan komputer kita. Apa sebabnya??? Apabila auto run tersebut di set untuk menjalankan program berbahaya semisal virus, worm atau trojan. Maka ketika flashdisk atau CD yang mengandung auto run yang menjalankan program berbahaya tersebut, komputer kita langsung terinfeksi dan dieksploitasi oleh program-program jahat tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, Cara Mematikan Auto Run Pada Windows XP ini saya sahare di sini. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Jalankan Gorup Policy dengan cara klik start | klik Run | ketikan gpedit.msc | Enter.
2. Masuk dalam forlder User Configuration/Administrative Templates/System
3. Klik dua kali pada Turn Off Autoplay
4. Pilih Enabled
5. Pada Turn Off Autoplay On pilih All Drive
6. Klik OK

Dengan setingan di atas, maka semua drive tidak akan bisa auto run, baik CD maupun falshdisk, sehingga kalau ada program berbahaya yang tidak kita ketahui dalam CD atau Flashdiks tidak akan otomatis berjalan. Dengan cara ini mudah-mudahan komputer kita bisa terlindungi dari program-program pengrusak ataupun program-program pencuri data.

Semoga tips sederhana Cara Mematikan Auto Run pada Windows XP ini bisa memberikan manfaat pada semua pembaca blog ini. Kalau ada yang mau melengkapi tulisan ini, silakan berikan komentar. Terima kasih.