Mengenal Komputer Tablet

Mengenal komputer tablet, judul artikel ini terilhami oleh celetukan seorang teman yang mengatakan notebook adalah komputer tablet. Kemudian saya melakukan googling dengan keyword komputer tablet. Dan saya dapatkan artikel yang membahasa hal tersebut.

Berikut ini adalah pengetian Komputer tablet yang saya dapat dari hasil searching, komputer tablet sejatinya merupakan komputer portabel seperti halnya laptop. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti tablet yang dipenuhi layar. Komputer tablet memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital untuk mengoperasikannya. Karena itu, pada umumnya komputer tablet tak dilengkapi keyboard maupun mouse.

Untuk mengetik tulisan atau memasukkan teks, sejumlah komputer tablet dilengkapi keyboard virtual yang bisa ditampilkan di layar. Beberapa produk ada yang dilengkapi program untuk mengenali tulisan tangan. Komputer tablet yang tak memiliki keyboard ini sering disebut komputer tablet murni. Contohnya iPad, komputer tablet yang diluncurkan boss Apple, Steve Jobs, pada akhir Januari lalu.

Melihat dari definisi dan penjelasan mengenai komputer tablet di atas, jelas omongan teman saya menyamakan notebook dengan komputer tablet sama sekali tidak memiliki dasar. Ah, gak apa-apa, maklum di kota kecil seperti kota Majenang tempat saya tingga, pengetahuan teknologi belum bisa dipahami secara menyeluruh. Kemudian apa sih kelebihan dan kekurangan komputer tablet dibanding laptop? Komputer tablet memiliki beberapa kelemahana yaitu fitur-fitur yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook.

Dibandingkan dengan netbook, jelas netbook masih lebih andal daripada komputer tablet itu. Seperti dalam hal video chat, pemrograman, update foto dari kamera, kapasitas penyimpanan yang lebih besar serta kemampuannya menginstal dari beragam media. Netbook juga dapat di-upgrade.

Untuk menandingi kompatibilitas yang dimiliki komputer tablet, sejak beberapa tahun lalu sejumlah vendor komputer mulai memproduksi notebook konvertibel. Ini adalah notebook yang bisa berubah bentuk menjadi komputer tablet dengan memutar balik layarnya. Pada umumnya, layar notebook konvertibel bisa diputar hingga 180 derajat dan dilipat, untuk mengubahnya dari bentuk notebook menjadi komputer tablet berlayar sentuh.

Mungkin itulah pengetahuan yang saya dapat tentang mengenal komputer tablet, dan bagaimana perbandingannya dengan netbook. Semoga artikel ini juga bisa bermanfaat menambah wawasan pada pembaca di blog sederhana ini.

Artikel ini dikutip dari http://www.tempointeraktif.com/