Google Docs Mudahnya Bekerja Secara Online

Bekerja Secara Online? Kenapa Tidak? Sekarang sudah jamannya serba cepat dan serba online. Semua bisa dikerjakan dan dishare secara online, termasuk pekerjaan kantor. Dengan bekerja secara online, datang ke kantor bukan hal yang wajib lagi, yang penting pekerjaan sudah bisa terselesaikan dan sampai pada tujuan.

Google Docs adalah layanan documen gratis berbasis web dari perusahaan internet raksaa yaitu Google. Google Docs menawarkan kemudahan, kecepatan dan fleksibilatas dalam bekerja. Mudah, karena bekerja bisa dialakukan dimana saja. Cepat, karena hasil pekerjaan akan sangat cepat sampai pada orang yang dituju. Flesibel, karena bekerja bisa menggunakan perangkat apa saja yang penting memiliki koneksi internet.

Google Docs adalah sebuah layanan yang layaknya komputer yang terpasang dengan berbagai macam aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word (Word Processor), Micorosoft Exel (Spreed Sheet), dan Powerpoint (Documen Peresentasi).

Bagaiaman cara menggunakan Google Docs? Apa saja syarat yang harus dimiliki?

Baik kita mulai dengan syarat yang harus dimiliki :
  1. Tentnunya kita harus memiliki perangkat seperti PC, Laptop, Komputer Tablet, Smart Phone atau perangkat lainnya yang bisa konek ke internet. Untuk kenyamanan dalam bekerja disarankan menggunakan perangkat yang memiliki layar lebar, jangan menggunakan Smart Phone, karena layarnya cenderung kecil.
  2. Tentunya koneksi internet yang andal dan stabil. Ingat kita bekerja secara online, semua data akan tersimpan dalam sever google, jadi koneksi internet yang andal dan stabil mutlak dibutuhkan. Syukur-syukur anda menggunakan internet unlimited.
  3. Memiliki account google/ Gmail.

Lalau bagaimana cara bekerja online dengan menggunakn Google Docs?
  1. Pertama klik URL ini http://docs.google.com
  2. Login dengan username dan password Google/Gmail anda
  3. Anda akan disuguhi sebuah halaman Google Docs. Perhatikan bagian pojok atas bagian kiri. Disitu ada menu Cereate New. Klik menu tersebut, maka akan keluar sebuah menu drop down yang terdiri dari : Document, Spreed Sheet, Presentation, Form, Drawing. Pilih salah satu menu yang anda butuhkan. Contoh, anda akan membuat sebuah dokumen word, maka pilih menu Document.
  4. Setelah anda memilih, akan muncul jendela baru atau sebuah halaman web yang berisi layaknya aplikasi Microsoft Word atau Open Office. Mulailah anda bekerja.
  5. Setelah selesai pekerjaan anda, simpan. Caranya klik File, Klik Save, beri nama file anda. File anda sudah tersimpan di server goole.

Berbagi data dengan rekan anda
Inilah inti dari tujuan adanya Google Docs. File yang dibuat bukan untuk koleksi pribadi tapi untuk dishare dan digunakan. Contoh anda sudah membuat sebuah presentasi, kemudian anda menginginkan karyawan atau bawahan anda yang melakukan presentasi, tinggal anda share aja file yang sudah anda buat. Caranya :
  1. Arahkan mouse pointer mouse anda ke atas file yang akan dishare, janga diklik dulu.
  2. Setelah beberaapa saat akan muncul Teks Menu Action. Klik teks tersebut, kemudian klik pada pilihan Share.
  3. Akan muncul 3 opsi share : Shareing Setting, Email Editor/ Viewer, Email As Attachment. Masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Untuk lebih jelasnya silakan praktikkan sendiri.

Selamat bekerja secara online, semoga pekerjaan semakin lancar dan sukses cepat diraih. Amiin.