Yuk Mengenal Sejarah Virus Komputer

Sejarah Virus Komputer | Selama ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang istilah virus komputer, bahkan kita tahu bahaya dari virus komputer atau bahkan di antara kita ada yang bisa membuat virus komputer. Namun tahukan kamu, bagaimana sejarah virus komputer tercipta. Namun sebelum kita membahasa tentang bagaimana sejarah virus komputer, saya kilas balik dulu dengan pengertian atau definsi virus komputer.

Pengertian atau Definisi Virus Komputer
Virus Komputer adalah program komputer jahat yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Masing-masing virus memiliki ciri khas sendiri-sendiri, sesuai dengan tujuan sipembuat virus. Ada virus yang hanya melakukan pengrusakan terhadap system, namun ada juga virus yang tidak melakuan pengrusakan terhadap system tetapi mencuri data dari komputer yang terinfeksi.

Oke, itu adalah penggalan tentang mengenal komputer dari segi definisi. Sekarang mari kita melihat sejarah terciptanya virus komputer.

Sejarah virus komputer – Virus komputer pertama kali ditemukan pada tahuyn 1981, namanya  Virus ‘in the wild’. Virus yang bernama Elk Cloner ini menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II. 1983 Fred Cohen dalam paper-nya yang berjudul ‘Computer Viruses – Theory and Experiments’ memberikan definisi pertama mengenai virus komputer dan memaparkan eksperimen yang telah dilakukannya untuk membuktikan konsep dari sebuah virus komputer. Bersama dengan Len Adelman, ia menciptakan sebuah contoh virus pada komputer VAX 11/750 dengan sistem operasi Unix (sumber : http://www.membuatblog.web.id/)


Itu adalah sejarah virus komputer versi pertama. Namun ada versi lainnya yang mengatakan bahwa Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer yaitu pada tahun 1949. Salah seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi di AT&T Bell Laboratory salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal, seperti bahasa C dan C++.1 Di laboratorium ini, sekitar tahun 1960-an, setiap waktu istirahat para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan kemampuan membetulkan dirinya dan balik menyerang kedudukan lawan. Selain itu, program permainan dapat memperbanyak dirinya secara otomatis. Perang program ini disebut Core War, yaitu pemenangnya adalah pemilik program sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu. Karena sadar akan bahaya program tersebut, terutama bila bocor keluar laboratorium tersebut, maka setiap selesai permainan, program tersebut selalu dimusnahkan.

Sekitar tahun 1970-an , perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja. Struktur programnya menyerupai virus, namun program ini adalah untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan pada waktu yang bersamaan dua tugas dapat dilakukan.

Pada tahun 1980-an, perang virus di dunia terbuka bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohio. Dalam pemaparannya, Fred juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya, yaitu suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer. Sementara virus berkembang, Indonesia juga mulai terkena wabah virus. Virus komputer ini pertama menyebar di Indonesia juga pada tahun 1988. Virus yang begitu menggemparkan seluruh pemakai komputer di Indonesia, saat itu, adalah virus ©Brain yang dikenal dengan nama virus Pakistan.

Melihat dari kedua versi sejarah virus komputer tersebut, perbedaan yang paling fundamental adalah sejarah terciptanya virus komputer untuk pertama kali. Menurut saya, yang lebih relefan dan mendekati kebenaran adalah virus pertama tercipta pada tahun 1949. Sedangkan yang menyebutkan bahwa virus kompuer pertama kali ditemukan adalah sudah memasuki masa perang virus secara bebas.

Oke, saya sendiri bukan ahli sejarah. Untuk melihat sejarah benar atau tidak perlu dukungan danta otentik. Kalau kuran puas silakan anda tanyakan pada para ahli sejarah komputer.

Dikutip dari berbagai sumber