Cara Merawat Motherboard Agar Awet

Cara Merawat Motherboard Agar Awet - Setelah membahas tentang tips merawat hardisk sekarang kita akan bahas cara merawat motherboard. Bagi yang belum tahu apa itu motherboar, ada baiknya kita kenali dulu apa itu motherboard. Bagaimana kita mau merawatnya kalau barangnya aja kita gak tahu. Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat (wikipedia).

Itu pengertian motherboard menurut wikipedia, mungkin dengan definis seperti itu masih ada yang bingung. Hehe…saya juga dulu bingung pas baru mengenal komputer, yang ini namnaya apa, yang itu namanya apa. Secara fisik motherboard adalah hardware atau perangkat keras komputer yang terdiri dari papan elektronik dan memiliki fungsi untuk menanamkan harware-hardware lainnya seperti VGA, Soun Card, LAN Card dan lain sebagainya. Ah biar gak bingung saya kasih gambarnya aja deh. Nih gambarnya ada di bawah.
Gambar Motherboard Komputer

Cara Merawat Motherboard Agar Awet
  1. Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
  2. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
  3. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
  4. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
  5. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
  6. Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dalam seminggu.
Nah itulah cara merawat matherboard agar awet semoga bermanfaat.