Cara Membuat Image System Windows 7 dengan Mudah

Cara Membuat Image System Windows 7 adalah sebuah tips trik komputer yang berguna untuk melakukan backup system operasi secara keseluruhan. Maksudnya adalah kita membuat backup sistem operasi secara keseluruhan baik itu hardware maupun aplikasi yang terdapat di dalamnya. Sehingga ketiak suatu waktu komputer kita mengalami error maka tidak perlu melakukan isntall ulang dari awal lagi, cukup gunakan image system yang telah dibuat.

Manfaat Membuat Image System Windows 7

Dengan membuat image system windows 7 maka kita tidak akan dikahawtirkan lagi dengan hilangnya licensi atau kode aktivasi windows 7. Selain itu kita juga tidak akan direpotkan apabila kita kehilangan driver hardwae komputer. Karena semua informasi aktivasi dan driver hardware sudah tersimpan dalam image system windwos 7 yang kita buat. Lalu bagaiman acara membuatnya?

Cara Membuat Image System Windows 7 dengan Mudah

Pertama anda harus membuka Control Panel lalu memilih Backup and Restore Center. Pada jendela Backup and Restore di sebelah kiri atas ada pilihan Create a system image dan Create a system repair disc, pada kolom sebelah kanan ada pilihan untuk melakukan Back up menggunakan tombol Back up now.

Pilihlah Create a system image untuk melakukan backup system secara keseluruhan dan membuat file imagenya. Pada saat anda melakukan backup system, anda akan ditanyakan tempat untuk menyimpan file image, lebih baik anda siapkan harddisk external yg masih memiliki kapasitas sebesar kapasitas drive c: anda, misal drive c: anda adalah 20Gb, berarti anda harus memiliki kapasitas paling tidak sebesar 21Gb. Setelah memilih tempat untuk menyimpan file image, proses pembuatan backup akan berlangsung, tunggulah sampai selesai. Ketika proses pembuatan image telah selesai, anda akan ditanya apakah anda ingin membuat System Repair Disk. Fungsi System Repair Disk adalah sebagai Boot Disk, ketika komputer anda Booting menggunakan System Repair Disk, disinilah anda akan ditanya mengenai file image yg telah anda buat. Secara garis besar fungsi System Repair Disk adalah fitur untuk memilih file image dan me-restorenya sehingga komputer kembali ke keadaan semula sebelum terjadi kerusakan system. "Creating a System Repair Disk", untuk membuatnya anda harus menyiapkan satu keping DVD Blank, DVD inilah nantinya yg akan menjadi Media Booting komputer anda. Setelah anda memasukan DVD Blank tersebut, Creating a System Repair Disk akan memilih sendiri drive DVD anda, yg harus anda lakukan hanya klik next hingga proses pembuatan System Repair Disk selesai.

Setelah anda melakukan backup system dengan membuat system image juga membuat System Repair Disk, anda harus menyimpannya, jangan lupa untuk menandainya agar tidak hilang dan memudahkan anda mencarinya saat diperlukan.

Cara Menggunakan Image System Windows 7

Pada saatnya anda akan melakukan Restore system, silahkan anda lakukan Booting menggunakan System Repair Disk yg telah anda buat, dan jangan lupa pasang HDD tempat anda menyimpan file imagenya. Ketika System Repair Disk selesai di boot, akan keluar pilihan 5 pilihan (Startup Repair, System Restore, System Image Recovery, Windows Memory Diagnostic, dan Command Prompt) Anda tinggal memilih System Image Recovery, dan nanti program akan memilih sendiri drive yg terdapat file image, pastikan apakah benar file image tersebut ada pada drive yg dipilih, jika anda tidak yakin anda dapat memilihnya secara manual. Lanjutkan proses hingga selesai, ketika proses telah selesai Windows anda akan kembali seperti saat anda melakukan backup.

Nah demikian cara membuat image system windows 7 dengan mudah. Benar-benar mudah bukan? Oke selamat mencoba. Lakukan backup sekarang juga sebelum terjadi kerusakan fatal.