Mengenal Tokoh Penemu Microchip atau Integrated Circuit/IC

Mungkin sebagian dari kita ada yang tidak tahu kalau tanggal 12 Desember adalah hari ulang tahun tokoh penemu teknologi microchip. Karena hal tersebut, pada tanggal 12 Desember kemarin google menampilkan ilustrasi ilustrasi microchip yang bertuliskan “Google” di bagian atasnya. Siapakah tokoh penemu microchip atau IC tersebut?

Dia adalah Robert Noyce yang lahir 84 tahun yang lalu di Iowa Amerika Serikat, peneliti yang pertama kali menemukan microchip atau sirkuit terintegrasi (integrated circuit/IC) bersama Jack Kilby. Namun Robert Noyce telah berpulang pada 3 Juni 1990 silam.

Selain menyandang gelar sebagai penemu microchip, Noyce juga merupakan salah satu pendiri Intel Corporation selain Gordon Moore pada tahun 1968.

Tidak hanya itu, Noyce juga dikenal sebagai “Walikota Silicon Valley” karena berkat teknologi microchip-lah, Silicon Valley tumbuh dan berkembang sebagai pusat teknologi komputasi di Amerika Serikat.

Setelah Noyce meninggal, keluarganya mendirikan Robert Noyce Foundation, sebuah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang edukasi. Yayasan ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan kualitas proses mengajar matematika dan ilmu alam di sekolah-sekolah umum serta mengembangkan kepemimpinan para pelajar.
Selain itu, nama Robert Noyce juga diabadikan dalam program The Robert Noyce Teacher Scholarship Program yang diberikan oleh National Science Foundation kepada para guru sekolah dasar di bidang sains dan ilmu pasti.

Itulah sobat, tokoh penemu microchip atau Integrated Circuit/IC yang sekarang kita sering gunakan dan menjadi salah faktor terjadinya perubahan pada dunia. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahawan wawasan pada kita, tidak hanya menggunakan hasil karya atau penemuannya yang spektakuler tapi juga mengenal orangnya.