Prosesor AMD Phenom II X4 980 Black Edition Kecepatan Hingga 3.7 Ghz

Prosesor AMD Phenom II X4 Black Edition adalah prosesor keluaran AMD terbaru. Bagi anda para gamer atau desain grafis yang selalu menginginkan tampilan grafis yang menakjubkan mungkin prosesor AMD ini bisa menjadi pilihan tepat. 

Seperti kita ketahui bahwa prosesor AMD memang unggul di kualitas grafis dan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan spesifikasi yang sama dari intel. Namun dibalik keunggulannya itu, AMD juga memiliki kelemahan yang sudah menjadi rahasia umum, yaitu memiliki tingkat panas yang sangat tinggi. Sehingga untuk menstabilkan suhu PC kita perlu memasang cooler processor yang bagus dan tambahan kipas lainnya.

AMD Phenom II X4  980 Black Edition yang memiliki kecepatan clock 3.7GHz dengan cache L3 sebesar 6MB. Prosesor AMD terbaru ini dirancang untuk para gamer dan para mania yang suka upgrade PC mereka dengan kinerja multi-core yang luar biasa. CPU ini juga memiliki teknologi VISION BLACK  untuk game 3D yang intens dan imersif, serta hiburan  tampilan berdefinisi tinggi dengan dukungan penuh untuk Microsoft DirectX 11.

Kelebihan lainnya dari prosesor AMD ini adalah dijual dalam kondisi unlock yang berarti pengguna dapat mengoverclocknya dan mengoptimasikan kinerja sistem terlebih apabila digabungkan dengan kartu grafis RADEON HD 6000 series.

AMD Phenom 2 quad-core X4 980 memiliki fitur poin desain termal (TDP) sebesar 125 watt yang mengejutkan mengingat kecepatan clock jauh lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor Deneb-die lain seperti pendahulunya, X4 975.


AMD Phenom II X4 980 Black Edition dibuat berbasis core 45 nm Deneb yang digunakan Phenom 2 sebelumnya tetapi sudah pasti lebih cepat. Prosesor ini masih menggunakan soket AM3 jadi kompatibel dengan socket AM2+ jadi Anda tidak perlu membeli motherboard baru utk prosesor ini.  Prosesor ini menggunakan FSB 200 Mhz dengan x18.5 multiplier yang menghasilkan kecepatan 3.7 Ghz.


Demikian info tentang prosesor AMD Phenom II X4 Black Edition, semoga bisa menjadi informasi bermanfaat dan referensi bagi anda yang akan merakit PC sendiri. Apalagi kalau komputer berorientasi untuk kepuasan bermain game dan kerja grafis, prosesor AMD ini sangat cocok. Semoga bermanfaat.