Cara Mengetahui Processor 32 bit dan 64 bit Pada Windows

Cara Mengetahui Processor 32 bit dan 64 bit - Ini sangat penting anda ketahui. Seperti kita ketahui teknologi processor saat ini ada yang menggunakan 32 bit dan 64 bit. Tapi tahukah anda perbedaannya?

Perbedaan mendasar processor x86 (32-bit) dan x64 (64-bit) adalah mengacu pada teknologi pemrosesan (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor x64 akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory lebih cepat dibanding processor x86.

System operasi terbaru dari microsoft windows 8 juga dibedakan menjadi dua versi berdasarkan teknologi processor, yaitu ada yang diperuntukkan processor 32 bit dan 64 bit. 

Nah, jika anda akan  berencana mengganti system operasi anda saat ini atau akan menginstal sebuah software alangkah baiknya anda teliti dulu spesifikasinya. Apakah cocok atau tidak dengan processor anda saat ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui processor 32 bit atau 64 bit? Caranya sangat mudah :

1. Klik kanan pada My Computer
2. Klik Properties
3. Klik pada Windows Experience Index
 


Lihat pada gambar di atas. Apabila pada 64 bit capable : Yes, maka processor anda sudah menggunaka teknologi 64 bit. Tapi kalau No, artinya processor anda menggunakan teknologi 32 bit.

Sebagai catatan, processor 64 bit akan bisa menjalankan software yang mendukung processor 32 bit, tapi sebaliknya processor 32 bit tidak akan bisa menjalankan software yang dirancang khusus untuk processor 64 bit.

Demikian cara membedakan processor 32 bit dan 64 bit. Semoga bisa menambah wawasan kita dan tentunya dapat bermanfaat.