Efektifkah Komentar Anda?



Komentar di blog orang lain merupakan salah satu tips SEO yang paling banyak dilakukan oleh para blogger. Bahkan salah satu tips SEO ini banyak yang merekomendasikan, termasuk para sesepuh di dunia SEO. Alhasil, banyak orang baik pemula maupun professional yang meninggalkan jejak di blog orang lain dengan cara berkomentar. Namun, efektifkah cara berkomentar anda?

Komentar anda, mencerminkan pribadi anda. Mungkin, kalimat ini tidak terlalu salah apabila saya tulis. Karena pemilik blogger yang dikasih komentar akan menilai komentator dari tulisan yang ditinggalkannya. Apakah komentar tersebut menarik hati atau justru menyakit hati.

Dalam meninggalkan jejak di blog orang lain dengan cara berkomentar, kita harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya :
1. Fahamkah kita dengan tulisan yang dikomentari
2. Pikirkan perasaan pemilik blog ketika membaca komentar kita
3. Tata bahasa dalam berkomentar

Ketika kita mengomentari artikel yang kita sendiri tidak faham, maka komentar yang munculpun akan terkesan tidak nyambung. Atau paling tidak, anda hanya akan meninggalkan komentar seperti (nice info, sangat bermanafat, terima kasih atas infonya, dll). Sukakah pemilik blog dengan komentar seperti ini? Tidak!!! Saya secara pribadi sebagai pemilik blog tidak suka dengan komentar singkat semacam itu.

Dalam berkomentar, kita harus memposisikan sebagai pemilik blog. Bagaimana rasanaya jika blog anda mendapatkan komentar yang tidak mutu, tidak nyambung bahkan terkesan SPAM.

Efektifka komentar anda? Tujuan dari berkomentar pada blog orang lain adalah berharap ada pengujung yang tertarik dengan komentar kita dan akahirnya berkunjung ke blog yang kita miliki. Apa jadinya kalau komentar anda terkesan membosankan atau bahkan menyebalkan. Saya yakin, pengunjung lainpun tidak akan tertarik sama sekali dengan komentar anda apalagi untuk mengunjungi blog atau web anda.

Jadi, berkomentarlah dengan cara yang baik dan benar. Tunjukkan anda sebagai webmaster atau blogger yang professioanl. Apalagi kalau anda menggunakan TLD (Top Level Domain), sementara komentar-komentar anda sama sekali tidak bermutu, hal itu hanya akan menjatuhkan harga diri anda sendiri.

Bagaimana bisa, orang yang memiliki web dengan Top Level Domain melakukan SPAM di blog gratisan. Jadi jagalah nama baik anda sendiri. Berkomentar dengan baik dan cukup satu komentar pada satu artikel, kecuali kalau komentar anda berupa pertanyaan yang memerlukan jawaban (diskusi). Itupun anda bisa berkomentar kembali setelah pertanyaan anda yang pertama mendapat tanggapan.

Tulisan ini tidak bermaksud menyinggung siapapun. Hanya saling mengingatkan untuk bisa saling menghargai. Meskipun blog ini hanya blog sederhana dan gratisan, tapi kalau dibuat tempat buang sampah jelas saya kurang berkenan. Sengaja saya memberikan kebebasan pada anda untuk berkomentar dengan tidak menggunakan Captha ataupun harus menunggu aprove dari saya, karena saya ingin para pembaca merasa nyaman berada di blog ini, baik untuk sekedar baca-baca ataupun mau berkomentar.

Terima Kasih. Salam Blogger.