Kartu VGA Terbaru Dari NVIDIA

Kartu VGA Terbaru Dari NVIDIA atau juga mungkin bisa disebut sebgai VGA Terbaik dari NVIDIA saat ini. Ya, baru-baru ini NVIDIA sebagai perusahaan kartu graphic ternama meluncurkan teknologi terbarunya dan memasarkan secara resmi pada tanggal 7 Mei 2012. Apa namanya dan bagaimana performanya? Mari kita lihat bersama.

GeForce GTX 690 adalah VGA Card terbaru yang diluncurkan oleh NVIDIA pada NVIDIA Game Festival di China. Peluncuran produk ini sendiri dilakukan oleh Jen-Hsun Huang selaku CEO dari NVIDIA.

Nvidia GeForce GTX 690 masih mengusung teknologi dual GPU seperti pendahulunya GTX 680. GPU yang digunakan adalah GK104, sementara bentuk fisiknya sama dengan GTX 590. Berikut adalah gambar dari VGA GeForce GTX 690.

Komponen Nvidia GeForce GTX 690
Tutup sistem pendingin NVIDIA GTX 690 terbuat dari bahan alumunium sehingga lebih kuat dan tahan lama. Sementara itu, frame kipas menggunakan bahan magnesium yang berperan menyerap getaran dan memperlancar proses pelepasan panas. Tidak hanya itu, di sisi kanan dan kiri kipas terdapat jendela transparan yang terbuat dari bahan polycarbonate.

Layout komponen NVIDIA GTX 690 ternyata mirip seperti GTX 590 dimana setiap chip GPU ditempatkan di sisi kanan dan kiri kipas. Setiap chip GPU didinginkan oleh hetasink tipe vapor chamber. Lalu, bagaimana dengan spesifikasinya?

NVIDIA GTX 690 dilengkapi CUDA Cores sebanyak 3072 buah (1536 per GPU). Untuk urusan memori, graphics card ini dilengkapi memori berkapasitas 4GB (2GB per GPU) dengan memori bertipe GDDR5 dan bandwidth memory sebesar 512-bit. Sementara itu, clock yang digunakan adalah 915 MHz untuk GPU Clock, 1019 MHz untuk Boost Clock, dan 6GHz untuk memory clock.

Asupan daya NVIDIA GTX 690 didapatkan melalui dua buah konektor PCIe 8-pin. Meskipun GTX 690 memiliki jeroan seperti dua buah GTX 680, graphics card ini hanya memiliki TDP sebesar 300 Watt. GTX 680 sendiri memiliki TDP sebesar 195 Watt.

NVIDIA GTX 690 akan mulai tersedia di pasaran pada 7 Mei mendatang dengan kisaran harga (MSRP online), jangan terkejut, $999. Tentu Anda bisa menebak berapa harganya saat sampai di pasar Indonesia. Apakah Anda tertarik meminang graphics card dual-GPU Kepler ini? Atau Anda lebih tertarik dengan dua buah GTX 680 pada mode SLI?