Mengenal System Configurasi Windows

Bagi seorang awam tentang komputer mungkin tidak tahu cara membuka system konfigurasi windows atau bahkan tidak tahu sama sekali. Padahal dalam system konfigurasi ini, kita bisa melakukan banyak hal untuk mengoptimalisasi windows pada komputer kita.

System konfigurasi windows atau Windows System Configuration adalah fitur pada windows yang menyimpan informasi settingan sistem operasi terhadap kinerja windows. Dengan fitur ini kita bisa menghidupkan atau mematikan fitur-fitur tertentu yang terdapat pada windows. Sehingga fitur atau aplikasi yang tidak dibutuhkan bida di disable sehingga lebih mengoptimalkan kinerja windows.

Cara Membuka System Configuration
Ketik msconfig pada Start Run (pada windows XP) atau Start Search Program and File (pada windows 7) kemudian Enter. Maka System Configuration akan terbuka seperti pada gambar di bawah ini :

Ada dua menu yang perlu menjadi perhatian kita yaitu Service dan Startup. Pada menu services berisi fitur atau aplikasi apa saja yang akan dijalankan oleh windows. Kita bisa mematikan dan menghidupan (Disable or Enable) dengan cara menghilangkan centang atau mencentang fitur yang ada. Secara default windows menghidupkan semua fiturnya. Dalam mematikan fitur-fitur ini kita harus ekstra hati-hati, karena kalau salah mematikan fitur bisa-bisa windows akan berjalan tidak normal atau bahkan tidak mau loading. Jadi cari tahu lebih dalam lagi tentang fungsi dari daftar fitur yang ada pada menu tersebut. Saran saya, cukup anda matikan fitur Auto Update.

Sedangakan pada menu Startup yaitu berisi aplikasi apa saja yang akan dijalankan saat komputer loading. Biasanya yang akan mengisi fitur ini nantinya adalah anti virus dan bahkan virus juga memanfaatkan fitur ini. Nah, kalau komputer anda ada gejala berjalan lambat atau saat startup tiba-tiba ada aplikasi yang hidup secara otomatis, saran saya anda bukan System Configuration dan masuk ke menu Services kemudian anda cari nama aplikas yang hidup otomatis tersebut, kemudian matikan. Semakin sedikit aplikasi yang dijalankan pada menu Startup semakin cepat loading windows anda. Saran saya, matikan aplikasi-aplikasi yang tidak penting.

Nah demikian bahasan kita tentang mengenal System Configurasi Windows. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan maju terus IT Indonesia.