Cara Import dan Export Blog Pada Blogger

Cara Import dan Export Blog Pada Blogger adalah tips blogging yang akan kita bahas kali ini. Sudah lama saya tidak menulis tentang blogging, tips blogging dan lain sebagainya. Kebetulan saya kemarin baru saja melakukan import dan export pada blog saya. Apa sih sebenarnya import dan export blog itu?

Import dan Export blog adalah sebuah tool dari blogger yang berfungsi untuk melakukan backup conten blog. System kerjanya adalah menyimpab conten blog dalam bentuk file XML yang kemudian bisa disimpan dalam blog yang berbeda. Nah, untuk melakukan import dan export blog tentu kita harus memiliki dua blog yang berbeda.

Blog pertama berfungsi sebagai sumber content yang akan diexport sedangkan blog kedua berfungsi sebagai backup dari conten blog pertama atau blog tempat mengimport conten dari blog pertama. Dengan cara ini kita tidak perlu khawatir akan kehilangan content blog yang sudah kita ketik bertahun-tahun sampai terkumpul ratusan atau bahkan ribuan artikel. Jadi, kalau sewaktu-waktu blog utama kita terjadi masalah, konten blog masih tetap bisa kita gunakan secara praktis. Bagaimana cara melakukannya?

Cara melakukan import dan export blog sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah saja. Yang penting penuhi dulu syarat-syaratnya.
1. Memiliki dua blog yang berbeda (saya sarankan dua akun blog yang berbeda)
2. Koneksi internet yang stabil (agar proses download dan upload lancar)

Cara export blog sebagai berikut :
1. Masuk pada akun blog yang akan kita import 
2. Klik Setting / Pengaturan
3. Klik Other / Lainnya
4. Lihat gambar di atas. Klik Export Blog
5. Tentukan drive penyimpanan.
6. Klik OK
7. Tunggu sampai proses download selesai

Cara Import Blog sebagai berikut :
1. Masuk pada akun blog
2. Klik Setting / Pengaturan
3. Klik Other / Lainnya
4. Lihat gambar di atas. Klik Import Blog
5. Cari dimana anda tadi menyimpan file XML.
6. Klik OK
7. Tunggu sampai proses upload selesai
Setelah selesai maka semua conten blog dari blog pertama akan masuk, akan tetapi tidak langsung terpublish. Jadi kalau anda ingin mempublishnya, anda harus melakukan edit dan publish terhadap content-content tersebut.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara import dan export blog. Semoga ini akan bermanfaat. Selamat mencoba.