Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis - Cara ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang suka meninggalkan komputer dalam keadaan hidup karena ada pekerjaan yang tanggung. Misalnya anda sedang mendownload dan membutuhkan waktu 30 menit lagi sedangkan anda mendadak harus meninggalkan komputer anda, maka anda bisa meninggalkan komputer setelah menyeting komputer agar mata satu jam kemudian. Nah bagaimana caranya?

Inilah cara mematikan komputer secara otomatis pada windows 7. Ya, tips trik ini saya praktikkan pada windows 7. Untuk windows XP atau yang lain silakan dicoba sendiri, intinya kita menjalankan sebuah tool system bawaah windows yang bernama Task Scheduler.

Cara Setting Komputer Agar Mati Otomatis
Buka jendela Task Scheduler
  • Klik Start, pilih All Program, pilih Accessories, pilih System Tools kemudian klik Task Scheduler. 
  • atau bisa juga dengan klik Start, ketik: Taskschd.msc pada kotak Search programs and files 
  1. Klik Create Basic Task, berikan nama dan deskripsi untuk task tersebut, misalnya dengan nama "Membuat shutdown otomatis windows 7". Klik Next untuk melanjutkan.
  2. Pada menu Task Trigger, tentukan kapan task (pekerjaan) tersebut akan dieksekusi, misalnya harian, mingguan dan yang lainnya. Karena saya hanya akan menjalankan Shutdown Otomatis ini cuma sekali, maka saya pilih One Time.
  3. Selanjutnya tentukan waktu (tanggal dan jam) kapan trigger (pemicu) tersebut akan dijalankan. Klo sudah selesai klik Next.
  4. Selanjutnya pada menu Action, tentukan apa yang akan dijalankan oleh task tersebut pada waktu yang telah kita tentukan. Disini kita pilih Start a program. Klik Next.
  5. Selanjutnya pada Program/script pilih program shutdown.exe atau ketik: C:\Windows\System32\shutdown.exe



  6. Selanjutnya Klik Finish.
Demikian cara membuat shutdown atomatis pada windows 7. Semoga bisa bermanfaat dalam melakukan penghematan sumber daya dalam usaha anda. Terima kasih.