Inilah Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR

Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR adalah sebuah pengetahuan tambahan bagi kita para teknisi untuk bisa membedakan jenis-jenis memory sebuah PC atau laptop. Kita tahu bahwa dalam sebuah komputer terdapat sebuah memory yang disebut RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, fungsi dari memory ini adalah merupakan perantara antara atau penghubung antara processor dengan hardware, dan aplikasi lainnya.
Apa Bedanya DDR, DDR2, dan DDR3? Image
Sebagai gambaran agar mudah dimengerti, saat komputer dihidupkan, prosesor mengambil data dari harddisk. Akan tetapi, umumnya harddisk lamban untuk menyediakan data yang diminta oleh prosesor, sehingga di sini dibutuhkan kehadiran RAM untuk membantu penyediaan data yang diminta oleh prosesor.
Dalam perkembangannya memory RAM ini sudah mengeluarkan berbagai jenis memory dengan keunggulan masing-masing pada masing-masing masanya. Yang paling kita kenal adalah memory SD RAM dan DDR. Nah kali ini kita akan membahas tentang perbedaan memory jenis DDR. Karena memang saat ini memory yang banyak digunakan adalah jenis DDR. Sampai saat ini ada tiga jenis DDR RAM yaitu DDR (atau biasa juga disebut DDR1), DDR2 dan DDR3. Lalu apa perbedaan antara DDR, DDR2 dan DDR3?
Inilah Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR3

DDR (DDR1)

DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.
Apa Bedanya DDR, DDR2, dan DDR3? Image
DDR RAM ini ada beberapa jenis seperti DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz.
DDR RAM versi 1 ini dikembangkan sejak 1996 sampai 2000.

DDR2

DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.
Apa Bedanya DDR, DDR2, dan DDR3? Image

DDR3

Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).
Apa Bedanya DDR, DDR2, dan DDR3? Image
Tips Mengenali Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR3
Untuk bisa mengetahui perbedaan antara DDR1, 2 dan 3 bisa kita ihat dari gambar di bawah ini.

Contoh nyata dari RAM :

DDR 1 :


DDR2 :


DDR 3 :


Adapun perbedaan pada fisik antara memori jenis DDR dengan jenis DDR2 dan DDR 3, yang pertama adalah pada jenis chip memori yang digunakan. Pada memori jenis DDR 1, chip memori (IC)yang digunakan pada board modul memori adalah adalah jenis TSOP (Thin Small-Outline Packege). Bentuknya adalah empat persegi panjang dengan kaki-kaki di sisi kiri dan kanannya. Jarang sekali modul memori DDR 1 yang menggunakan chip memori jenis BGA.

Pada memori jenis DDR2, jenis chip memori yang digunakan adalah tipe BGA (Ball Grid Away). Bentuknya ada yang empat persei panjang, adapula yang berbentuk bujur sangkar. Tetapi, tidak seperti chip memori jenis TSOP, kaki-kaki pada memori jenis BGA tidak terlihat mata karena terletak dibawah chip dan langsung dan langsung ditancapkan ke board modul memori.dan untuk DDR 3 ini memiliki kesamaan dengan memori jenis DDR 2 yaitu dengan BGA (Ball Grid Away).

Perbedaan secara fisik lainnya yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pada notch yang tersedia di board memori di bagian golden finger alias konektor slot memori di motherboard. Pada jenis memori DDR, notch ini terletak sedikit ke arah sisi kanan untuk DDR 2, notchnya terletak sedikit lebih ke tengah board modul memori dan pada jenis DDR 3 yang terbaru saat ini notchnya terletak sedikit kearah kiri berlawanan dengan letak notch DDR pertama.

Perbedaan secara fisik terakhir yang dapat dilihat dengan mudah adalah jumlah pin yang digunakan. Memori DDR memiliki pin sebanyak 184 buah (92-pin di setiap sisinya), sedangkan memori jenis DDR2 dan DDR 3 memiliki pin yang lebih kecil dan padat Jumlahnya 240 buah (120-pin di setiap sisi).

Nah, demikian perbedaan memory DDR1, DDR2 dan DDR3. Artikel ini saya tulis dengan mengambil materi dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Inilah Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR

Terkait Inilah Perbedaan DDR1, DDR2 dan DDR



16 Komentar:

jadi ini perbedaan dari DDR1, 2 dan 3. baru tau.
kalo kompi yg saya pake masih menggunakan DDR1 sob! cukuplah buat ngenet!

informasinya memang menarik

saya ikut nyimak artikelnya... sangat bermanfaat banget

kalau punya saya DDR3 (1GB) diganti 4 GB bisa g SOB?

oh . . makasih artikelnya sangat bermanfaat

thanks bro. . nice info nih. .
kunjungin balik ya

makasih gan jadi tau bedanya.

klw aku trs terang msh bingung nih,,,, tp mksih deh buat berita nya

Kalo ddr2 10600 ntu masuk ddr 3 ato 2 sih?

http://infoduniain.blogspot.com

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.