Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer

Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer - Salah satu komponen komputer yang sering mengalami masalah adalah sound card. Apa itu sound card? Sound Card atau Kartu Suara adalah device atau hardware pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Nah, apabila komputer atau laptop tidak ada suaranya, maka indikasi terjadi kerusakan pada sound card.

Ada dua macam kerusakan pada soundcard. Yaitu kerusakan pada hardaware dan software. Kalau kerusakan software pada artikel sebelumnya saya pernah membahas. Yaitu pada artikel yang berjudul Mengatasi Masalah Komputer Tidak Ada Suara. Pada pembahasan tersebut mungkin dirasa kurang lengkap, makanya dalam artikel kali ini akan saya ulas kembali sedikit tentang kerusakan sound card pada software.

Sebelum kita mebahas tentang mengatasi kerusakan sound card, ada baiknya kita analisa terlebih dahulu indikasi yang disebabkan keruakan pada sound card. Secara umum komputer atau laptop yang mengalami kerusakan pada sound cardnya maka tidak memiliki suara. Selain tanda-tanda di atas kita juga menganalisa pada beberapa tempat. 

Pertama kita lihat pada systray yang ada pada taskbar bagian kanan. Biasanya disitu akan ada icon speaker. Nah kalau tidak ada maka dapat diindikasikan bahwa ada masalah pada sound card. Selain itu kita juga bisa melihat pada device manager. Untuk melihatnya silakan klik kanan pada My Computer (Computer), Klik Properties, Klik Device Manager.
Kalau tidak ada tanda silang, tanda seru, tanda tanya maka tidak masalah. Tapi sebaliknya berarti ada masalah pada salah satu device. Pastikan pada Sound Audio adan Game Controler tidak ada masalah.

Cara Memperbaiki Driver Sound Card
Oke, langkah pertama yang akan kita lakukan adalah memperbaiki driver secara software atau memperbaiki drivernya. Untuk memperbaiki driver sound card sangat mudah. Langkah pertama adalah anda identifikasi merk, type atau jenis sound card yang anda gunakan. Misal Via AC 97, Realtek AC 97 dan lain sebagainya. Setelah anda yakin dengan jenis hardware sound card yang anda gunakan silakan anda instal drivernya.

Cara yang paling mudah untuk mengindentifikasi sekaligus menginstal driver hardaware termasuk sound card adalah menggunakan 3DP CHP. Dengan 3DP CHIP maka kita tidak perlu lagi membongkar-bongkar komputer untuk bisa mengidentifikasi hardware satu persatu. Cukup anda instal 3DP CHIP dan jalankan, maka aplikasi ini akan mengidentifikasi semua hardware yang tertanam pada komputer anda. Untuk memiliki dan menggunakan 3DP CHIP silakan anda buka artikel saya yang berjudul Cara Mudah Deteksi Jenis Hardware Komputer.

Cara Memperbaiki Hardware Sound Card
Kalau driver sudah terinstal secara benar tapi tetap saja tidak ada suara yang dihasilkan maka ada kemungkinan kerusakan terjadi pada sound card. Ada dua jenis soun card, yaitu yang on board dan add on. Kalau komputer anda menggunakan sound card on board maka yang harus anda perbaiki adalah motherboarnya. Kalau anda ingin mencoba memperbaiki sendiri motherboard anda maka silakan anda dapatkan panduan servis motherboard lengkap di sini.

Lain halnya kalau sound card anda jenis add on. Untuk memperbaikinya silakan anda copot suond card dari slotnya. Bersihkan dari debu-debu yang menempel. Kemudian bersihkan juga kaki-kaki sound card. Caranya silakan anda bersihkan dengan menggunakan penghapus sebagaiman ulasan saya tentang memperbaiki memory menggunakan penghapus. Silakan buka Servis Memori Komputer Menggunakan Penghapus Pensil.

Nah demikian cara mengatasi kerusakan sound card pada komputer yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelasnya silakan anda baca beberapa rekomendasi tips dan trik memperbaiki komputer di bawah ini.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer

Terkait Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer



2 Komentar:

Kalo menurut pengalaman saya, jika soundcard tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan drivernya tidak support dengan OS yang kita pakai, atau kalo sdh pas semuanya, mungkin slotnya kemasukan debu (jika souncard nya gak on board)

Saya mau tanya. Input mic soundcard onboard terhubung tegangan DC 12V, kemudian soundcard lagsung tidak berfungsi.
Saya sudah coba reset CMOS, teteapi tetap tidak berpengaruh.
Kira2 apa bisa di perbaiki souncard tsb, dan kemungkinan pada komponen apa yg rusak?

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.