Membuat DVD Bootable Windows 7 All in One

Membuat DVD Bootable Windows 7 All in One - Setelah kemarin saya share link download windows 7 all version, saya merasa tertarik untuk share juga tentang bagaimana memasukan semua system operasi tersebut dalam satu boot DVD Instalasi Windows 7.

Mungkin diantara anda ada juga yang pernah melihat atau bahkan menggunakan DVD Instalasi Windows 7 yang didalamnya memuat windows 7 semua versi, sehingga ketika menginstallnya kita hanya tinggal memilih versi mana yang akan kita gunakan. DVD semacam ini lazim disebut sebagai Boot DVD Windows All in One atau WinAiO

Anda penasaran bagaimana memasukan semua versi windows 7 bahkan system operasi lainnya seperti win XP ke dalam satu buah keping DVD Bootable? Caranya sangat mudah sekali. Yang kita butuhkan hanya sebuah tool aplikasi untuk mengemas semua versi windows 7 ke dalam satu buah DVD Bootable. Tool aplikasi tersebut bernama WinAIO Maker Professional. Oke, langsung aja kita praktik.

Dua bahan yang anda butuhkan untuk membuat DVD Bootable Windows All in One ini. Pertama silakan anda download WinAIO Maker Professional di sini. Kedua tentunya anda membutuhkan file ISO windows 7 yang akan kita kemas menjadi satu paket DVD Bootable. Kalau belum punya silakan download di sini.

Sekarang silakan anda jalankan program WinAIO Maker Professional yang telah anda download tadi. Sehingga akan nampak seperti gambar di bawah ini. 
Form paling atas adalah folder target dimana kita akan menyimpan file ISO hasil kompilasi. Form di bawahnya adalah untuk memasukan file ISO windows yang akan kita kemas. Secara default, aplikasi ini hanya menyediakan recovery untuk windows 7 32 bit, jika anda ingin juga tersedia recovery untuk windows 7 64 bit silakan centang Enable x64 recovery mode. Setelah semua siap, silakan anda klik Start Compilation. Tunggu sampai proses selesai.

Seteleh proses kompilasi selesai, sekarang tinggal anda masukan ke DVD Bootable All in One. Pastikan di komputer atau laptop sudah terinstal aplikasi Nero Burning. Klik dua kali pada file ISO yang kita simpan pada folder target di atas. Ikuti langkah selanjutnya yang adap program Nero Burning. Tunggu sampai selesai, dan DVD Bootable Windows 7 All in One siap digunakan.