Cara Mengatasi Berbagai Masalah Printer Infus


cara memperbaiki printer infus

Cara Mengatasi Berbagai Masalah Printer Infus ~ Wah sudah lama banget nih saya tidak sharing teputar teknisi printer. Maklum, karena terkadang saya menulis itu terinspirasi dengan kegiatan sehari-hari. Kalau pada hari-hari itu tidak ada sama sekali pengalaman yang menginspirasi sulit banget untuk menulis artikel, paling kalau mau memaksakan maka saya akan melakukan rewrite dari artikel orang lain. Hehehe...

Sekarang sudah tidak aneh lagi kalau printer menggunakan infus. Tidak hanya orang sakit aja yang pakai infus, printer juga pakai infus ya. Konon katanya sih tujuan dari penggunaan infus ini adalah untuk mempertahankan agar cartrigde lebih tahan lama atau awet. Apakah itu bena?

Sejauh pengalaman saya, teknik infus memang bisa mempertahankan cartridge bisa lebih awet dua kali lipat. Misal kalau gak pakai infus cartridge hanya berumur 3 bulan maka ketika menggunakan infus, bisa bertahan sampai 6 bulan bahkan lebih. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan cartridge akan secara otomatis terisi tinta secara terus menerus dari tabung tinta (infus) tanpa harus mengisi ulang dengan cara melepas cartridge tersebut dan melakukan injeksi atau suntikan.

Namun, printer infus juga bukan tanpa masalah. Berdasarkan pengalaman saya, sering sekali printer infus megnalami masalah, meskipun masalahnya sebenarnya tidak terlalu berat, yang penting ada penanganan yang tepat. Nah, agar ketika printer infus anda mengalami masalah, bisa mengatasinya secara tepat, tidak ada salahnya kalau saya sharing pengalaman saya seputar cara mengatasi berbagai masalah printer infus.

Untuk Pembasan Masalah Teknisi Printer Lebih Lengkap Silakan Anda Baca Ebook Teknisi Printer

Mari kita kenali masalah printer infus dan cara mengatasinya
1. Printer ngeblink saat ngeprint
Biasanya hal ini terjadi pada cartridge baru dipasang infus. Hal ini terjadi karena adanya pergantian tinta ori dengan tinta dari tabung infus. Makanya printer akan berhenti ngeprint untuk melakukan penyesuaian tinta. Masalah ini akan ditandai dengan pesan di layar monitor seperti pada gambar di bawah ini.
Cara mengatasi masalah printer infus ngeblink seperti ini sangat mudah. Cukup anda tekan tombol reset pada printer sekitar kurang lebih 5 detik. Kemudian lepaskan dan lihat printer akan kembali mencetak dengan normal.

2. Printer tidak mengeluarkan tinta
Printer tidak mau mengeluarkan tinta, tapi tabung infus masih terisi tinta penuh. Pada selang infus juga terlihat ada tintanya. Hal ini biasanya terjadi karena tutup udara pada tabung infus tidak dibuka sehingga mengakibatkan tidak ada tekanan udara yang mendorong tinta masuk ke cartridge. Tentu hal ini akan mengakibatkan tinta pada cartridge terkuras habis dan tidak terisi tinta dari infusan.

Cara mengatasinya silakan anda isi dulu cartridge dengan cara suntikan. Cara ini untuk memancing tinta yang ada pada tabung sekaligus mencegah cartidge dari kekeringan. Karena ketika tutup tabung tinta dibukan belum tentu bisa langsugn mengisi ke cartridge. Setelah cartridge di isi tinta dengan cara disuntik, silakan buka penutup tabung dan silakan mulai ngeprint.

3. Tinta tidak mau masuk ke cartridge
Aada kalanya tinta dari tabung infus tidak mau masuk ke cartridge padahal penutup tabung sudah dibuka. Biasanya ini terjadi karena selang infus masuk angin. Waduh..... ada infusan masuk angin, harus dikerokin nih. Tidak perlu di kerok, masalah ini sangat mudah untuk mengatasinya. Silakan anda lepaskan ujung selang yang terpasang ke cartridge, kemudian angkat tabung tinta agar lebih tinggi dari posisi semula (posisi printer), perhatikan tinta akan mengalir, biarkan saja sampai seluruh baigan selang infus terisi (sampai ada yang menetes di ujung yang akan dipasang ke cartridge). Setelah tinta ada yang menetes segera masukan kembali ke cartridge (tabung tinta tetap masih tinggi), setelah terpasang baru silakan tabung tinta kembali tarush ke posisi semula.

Nah itu adalah cara mengatasi berbagai masalah pada printer infus. Bagi anda yang sedang mencari solusi memperbaiki printer infus yang lagi rusak atau error, semoga tips-tips di atas bisa membantu anda. Silakan perbaiki sendiri printer rusak anda selamat bekerja.