Komputer Gagal Booting Verifying DMI Pool Data dan Hang

Komputer Gagal Booting Verifying DMI Pool Data dan Hang | Sudah sering sekali saya membahas tentang komputer yang gagal booting dengan berbagai macam kasus. Tapi masih ada satu lagi nih hal yang menyebabkan komputer gagal booting yang belum saya share. Kebetulan nih, kemarin baru saja memperbaiki komputer dengan pesan Verifying Pool Data dan komputer hang alias macet tidak berhasil masuk windows.

Mungkin anda juga pernah mengalami masalah komputer seperti itu, atau mungkin suatu saat anda menemui kasus semacam ini maka anda sudah memiliki bekal untuk memperbaikinya. Langkah pertama yang kita lakukan adalah melakukan analisa, apa penyebab komputer bertingkah laku seperti itu.

Berdasarkan pengalaman saya, yang menjadi tersangka utama adalah hardisk. Pada saat saya tanyakan kepada yang punya komputer apa yang terjadi sebelum komputer tersebut hang. Dia bilang komputer baru saja mati mendadak yang diakibatkan mati lampu. Cocok banget, maka keyakinan saya semakin mantap menjadikan hardisk sebagai tersangka utama.

Langkah berikutnya adalah menganalisa keadaan fisik hardisk. Tidak usah menggunakan alat-alat canggih, cukup gunakan indera dan insting saja. Saya nyalakan komputer kemudian saya dekatkan telinga saya dengan hardisk untuk mendeteksi suara-suara tidak lazim dari hardisk. Hardisk yang berjalan normal tidak akan mengeluarkan suara aneh kecuali suara putaran piringan yang ada didalamnya. Ternyata setelah saya analisa hardisk tidak mengalami kerusakan secara fisik.

Yang menjadi tersangka utama berikutnya adalah bahwa hardisk mengalami badsector ringan. Hal ini disebabkan hardisk mati mendadak saat melekukan kerja, jadi ada file-file sistam yang tidak tersimpan dengan benar. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi komputer hang dengan pesan Verifying DMI Pool Data
1. Siapkan CD Bootable
2. Silakan booting komputer dari CD/DVD
3. Pilih boot via DOS (Command Promt)
4. Masuk ke drive C dengan perintah C : ENTER
5. Lakukan scandisk dengan cara ketik SCANDISK C: ENTER
6. Stelah proses scandisk selesai, dan exit ketik CHKDSK C: ENTER
7. Selesai silakan restar komputer anda

Apakah komputer anda berhasil masuk ke windows? Selamat kalau dengan cara di atas sudah berhasil masuk ke windows. Kalau masih belum berhasil coba anda copot dulu semua kebel hardisk dan CD/DVD, copot memori dan VGA (jika menggunakan VGA add on), kemudian pasang kembali. Hidupkan komputer dan masuk ked BIOS, kembalikan settingan BIOS ke settingan default. Simpan dan hidupkan kembali komputer.