Software Yang Wajib Dimiliki Seorang Teknisi Komputer



Software Yang Wajib Dimiliki Seorang Teknisi Komputer | Selain peralatan berupa hardware seperti obeng, tester, solder, suku cadang dan alat-alat lainnya, seorang teknisi komputer juga wajib memiliki software atau perangkat lunak. Masalah definisi atau pengertian software sudah tidak perlu lagi kita bahas di sini deh. Saya yakin anda semua sudah memahaminya. Yang akan kita bicarakan adalah software yang wajib dimiliki seorang teknisi komputer.

Mengapa seorang teknisi komputer wajib memiliki software, karena komputer memang hidup karena adanya dua hal yaitu hardware dan software. Percuma hardwarenya kita perbaiki tapi softwarenya error alias rusak atau bahkan tidak ada. Lalu, software apa saja yang secara standar harus dimiliki?

Inilah daftar software wajib para teknisi komputer :

1. Sistem Operasi / Operating System
Yaitu software utama dari sebuah komputer. Sistem operasi ini seperti windows (windows XP/Vista/7/8), linux, Mc OS dan lain sebagainya. Software wajib ada tidak bisa ditawar-tawar. Karena ini merupakan software utama dari sebuah komputer. Tidak ada sistem operasi berarti komputer tidak bisa digunakan.

2. Aplikasi Office
Aplikasi office adalah program yang biasa digunakan untuk kepentingan pengolahan data baik kata maupun angka. Yang sudah kita kenal secara umum adalah microsoft office yang terdiri dari microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, dll. Untuk yang menggunakan sistem operasi selain windows tentu harus menyesuaikan.

3. Wirar
Uitiliti kecil ini jangan dilupakan. Karena meskipun kecil tapi sering dibutuhkan. Karena sering sekali si pengguna komputer akan membuka file RAR tapi kemudian tidak bisa dibuka gara-gara komputernya tidak terinstal Wirar.

4. Anti virus
Untuk masalah keamanan anti virus wajib diintasl di komputer. Untuk itu seorang teknisi komputer wajib memiliki anti virus andalan yang terpercaya dan terampuh, sehingga para klien merasa puas dengan pelayanan seorang teknisi komputer.

5. Koleksi Driver Khususnya printer
Nah yang ini sering terlupakan. Karena si pengguna komputer saat memperbaiki komputernya tidak membawa printer kemudian oleh sang teknisi tidak diisntalkan driver printer. Ada baiknya anda tanyakan si klien menggunakan printer apa, kemudian silakan isntal drivernya sekalian.

Selain itu koleksi drivernya lainnya seperti driver VGA, soundcard, LAN, modem juga tidak kalah penting untuk dimiliki. Karena belum tentu komputer bisa diinstal windows 7/8 yang semuanya sudah plug and play. Adakalanya kita mengintasl windows XP yang masih membutuhkan driver untuk device yang terpasang.

6. Recovery Data
Si klien terkadang datang tidak hanya untuk memperbaiki komputer atau laptopnya. Adakalanya datang dengan keluhan data hilang atau lost data. Nah, untuk menolong klien yang satu ini maka software recovery data wajib dimiliki.

7. Internet Browser
Sudah tahu kan, bahwa sekarang setiap orang yang memiliki komputer atau laptop pasti ingin terhubung ke internet. Meskipun windows sudah menyediakan internet explorer sebagai internet browser resmi microsoft, tapi kebanyakan dari pengguna internet tidak suka dengan browser yang satu ini. Mereka cenderung lebih suka menggunakan Mozila, Google Chrome dan Opera. Maka internet-internet browser tersebut wajib dimiliki oleh seorang teknisi komputer.

Nah itu adalah daftar softwaer yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi komputer. Adapun software-softwaer lainnya juga perlu anda miliki. Hal ini tentu untuk menangani klien dengan permintaan akan software tertentu. Karena beda profesi beda software yang digunakan. Selain software di atas anda tetap harus memiliki software lainnya seperti Corel, photoshop, software multimedia dan lain sebagainya. Semakin banyak koleksi sofware anda, maka semakin percaya diri anda dalam menjalani profesi sebagai teknisi komputer.