Mengatasi Traffic Blog Menurun Karena Efek Google Panda 4.0

Mengatasi Traffic Blog Menurun Karena Efek Google Panda 4.0 | Visitor blog ini biasanya menapai 4000/hari dengan user online bisa mencapai 50. Tapi beberapa minggu ini traffic blog terjun bebas dari ketinggian dan jatuh sampai kedasar. Eit, gak sampai ke dasar banget sih, karena masih ada pengunjung sekitar 500/hari.

Karena sudah berulang kali mengalami hal kaya begini (traffic blog menurun secara drastis) maka saya tidak begitu panik. Cuman, terus terang aja memang jadi males mau update blog. Lalu, saya mencoba menelusuri rimba maya untuk menemukan apa penyebab blog turun drastis seperti sekarang ini.

Penyebab traffic blog ditemukan dan diindikasikan karena adanya update algoritma mesin pencarian google. Menurut kabar yang didapat bahwa kini google panda ke versi 4.0. Efek dari google panda terbau ini banyak situs/web/blog yang mengalami penurunan traffic secara drastis. Ada yang dari 300.000/perhari menjadi 50.000/hari. Wow, kalau blog saya sampai pengunjung sebanyak itu mungkin gak begitu masalah ya. Tapi kan blog saya dari 4000 turun menjadi 500. Hampir rata-rata kehilangan 75% pengunjung.

Untuk mengatasi masalah ini ada yang menyarankan untuk dibiarkan saja, asal blog tidak melanggar TOS dari google, maka akan pulih dengan sendirinya. Artinya tidak perlu melakukan perubahan apapun apalagi sampai mengganti templet blog. Hal ini justru akan mengakibatkan blog anda akan semakin lama pulihnya.

Saran kedua adalah tetap memposting artikel secara rutin. Jadi, blog jangan dibiarkan begitu saja tanpa diupdate. Sangat direkomendasikan agar tidak memposting artikel copas pada masa-masa seperti ini. Usahakan membuat artikel original.

Saran ketiga adalah lakukan ping pada web/blog dimana anda menanamkan backlink. Umpanya anda mendapatkan backlink dari lintas.me atau sosial bookmark lainnya, maka silakan anda ping link-link anda yang ada pada sosial bookmark tersebut. Logikanya adalah ketika, link-link tersebut di sundul maka otomatis blog anda juga akan ikut tersundul dan muncul kembali ke permukaan. 

Mengapa tidak blog anda saja yang di ping. Hal ini tiada lain adalah untuk menghindari efek bahwa blog anda melakukan spam.

Demikain cara mengatasi taraffic blog menurun drastis karena efek google panda 4.0, semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah blog yang turun drastis seperti blog saya ini. Kalau belum berhasil, gak usah putus asa dulu. Blog saya yang mebahas ini saja masih tetap sepi kok. Hehehe.....