Memperbaiki Windows 8 Tanpa Instal Ulang

Memperbaiki Windows 8 Tanpa Instal Ulang | Windows sering sekali mengalami kerusakan atau error. Bagitupun juga dengan windows terbaru yaitu windows 8. Cara memperbaiki windows 8 yang rusak atau error banyak dibahas di banyak web/blog dan forum. Namun ternyata banyak yang langsung untuk menyarankan menginstal ulang windows.

Untuk memperbaiki windows 8 sebenarnya bisa dilakukan dengan tanpa instal ulang. Tentunya dengan catatan windows belum rusak parah banget (sudah parah ditambah banget) hehehe.....

Windows 8 memiliki sebuah fitur yang bisa diandalkan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Nama fiturnya adalah Automatic Repair.

Automatic repair adalah sebuah fitur khusus yang dimiliki windows 8 untuk melakukan perbaikan terhadap dirinya sendiri. Lalu bagaimana cara memperbaiki windows 8 dengan menggunakan fitur auto repaire ini?

Cara Memperbaiki Windows 8 Dengan Fitur Automatic Repaire


  • Buka dan jalankan fitur System Recovery Options, kemudian klik Advanced options and Automatic Repair.
  • Jika bingung cara membuka Sistem Recovery Options, caranya buka dulu Startup Options Menu kemudian klik Troubleshoot. kemudian baru buka System Recovery Options, kemudian klik Advanced options and Automatic Repair.
Solusi error startup Windows 8
  • Jika muncul jendela permintaan jenis akun, klik saja Administrator ikon Anda.
Masalah Automatic Repair Windows 8 dan Solusinya
  • Login dengan password administrator kemudian klik tombol Continue.
Mengatasi Error Repair Windows 8
  • Sekarang sistem akan mendiagnosa masalah di komputer Anda, langkah ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
Diagnosic Windows 8 Start-Up
  • Sebagai catatan bahwa terkadang sistem tidak akan menemukan masalah di komputer Anda, tetapi Anda sebagai pengguna tentu lebih mengetahui kondisi komputer. Jangan khawatir, klik tombol Advanced Options dan kembali lakukan langkah pertama hingga 3 kali untuk benar-benar memperbaiki error.
Proses recovery Automatic Repair Windows 8
Memperbaiki windows 8 tanpa instal ulang bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan fitur automatic repaire. Jadi saya sarankan kalau memang windows belum rusak parah bisa dilakukan dengan cara seperti ini. Karena instal ulang terkadang harus menanggung resiko tinggi, mulai dari kehilangan aplikasi penting anda sampai kehilangan data. Tentu kalau instal ulang tidak dilakukan dengan tahapan-tahapan yang benar. Emang bagaimana tahapan-tahapan instal ulang windows yang benar? Tunggu artikel saya berikutnya.