Laptop Tidak Ada Suara Karena Rusak Soundcardnya, Ini Solusi Paling Mudah



Laptop Tidak Ada Suara Karena Rusak Soundcardnya, Ini Solusi Paling Mudah | Laptop tidak ada suaranya bisa disebabkan beberapa hal. Bisa karena speaker rusak, soundcarnya belum memiliki driver atau bahkan souncardnya rusak. Maka untuk memastikan laptop tidak ada suaranya karena soundcard rusak perlu dilakukan pengecekan secara seksama.

Hal pertama yang harus di cek adalah speaker, pastikan bahwa sepeaker hidup dan tercolok dengan benar ke output suara. Kalau sudah yakin tidak ada masalah di pada speaker dan tetap belum ada suara, maka cek apakah driver soundcard sudah terinstal atau belum. Caranya dengan klik kanan pada My Computer atau Computer, Klik Properties, Klik Device Manager. Lihat pada bagian driver yang ditandai tanda tanya berwarna kuning. Apabila di situ ada Audio Device, itu artinya driver belum terinstal. Maka solusinya silakan anda instal drivernya.
Laptop Tidak ada Suara

Laptop Tidak Ada Suara Karena Soundcarnya Rusak

Jika hasil pengecekan pada speaker dan pada driver soundcard tidak ada masalah tapi belum juga keluar suara. Maka dapat dipastikan bahwa souncard laptop mengalami kerusakan. Kalau yang rusak adalah souncard pc desktop maka sangat mudah, tinggal ganti atau pasang soundcard Add On dan isntal drivernya maka selesai masalah. Tapi kalau yang rusak adalah soundcard laptop lain ceritanya.

Untuk memperbaikinya anda harus mengganti chip soundcard yang rusak dengan yang sejenis. Dan apabila tidak dilakukan secara hati-hati maka akan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lain. Maka solusi yang paling mudah adalah dengan memberi laptop anda USB Sound Card.

USB Sound Card adalah sebuah perangkat berbentuk USB berfungsi sebagai sound card tambahan yang bisa dipasang di PC desktop mapun laptop yang penting memiliki port USB. Dengan menggunakan USB sound card ini maka untuk memperbaiki laptop tidak ada suara karena rusak soundcardnya tidak perlu repot-repot bongkar casing dan main solder, cukup pasang USB sound card dan isntal drivernya. Ada banyak bentuk USB sound card, salah satunya seperti di bawah ini.
USB sound card sulusi soundcard laptop rusak
USB Sound Card ini sudah dijual di toko-toko komputer baik online maupun ofline. Untuk belanja online silakan anda googling aja dengan kata kunci USB sound card, di situ sudah banyak yang jualan dengan harga sangat varatitf. Kalau di toko ofline harga berkisar antara 40.000 sampai 85.000.