Solusi Laptop Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan

Solusi Laptop Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan | Masalah laptop sangat beragam, mulai dari masalah biasa-biasa aja sampai dengan masalah yang bisa membuat kepala pusing tujuh keliling. Salah satun masalah yang membuat pusing adalah laptop hidup atau menyala, lampu LED pada laptop nyala, pendinginan kipas bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar benar-benar tidak hidup, yang tampil hanya layar hitam tida ada setitik cahayapun.

Untuk masalah ini banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Jadi, kalau kemarin ada yang tanya via sms mohon maaf kalo kurang lengkap dalam memberikan penjelasan, makanya untuk hal tersebut saya buat postingan ini. Semoga dengann postinga yang berjudul solusi laptop nyala tapi tidak ada tampilan ini bisa sedikit membantu anda yang sedang menghadapi masalah seperti ini.

Kemungkinan masalah Laptop hidup tidak ada tampilan :

  1. Memory utama rusak
  2. VGA rusak
  3. LCD rusak
  4. Inverter rusak
  5. Motherboard rusak

Solusi Laptop Hidup atau Nyala Tidak ada Tampilan


  • Masalah memori
    jika diagnosa awal yang menjadi tersangka adalah memori, silakan lakukan resetting terhadap memori. Cabut dulu memori kemudian pasang kembali dengan benar pada slotnya. Kalau tidak berhasil anda bisa mencoba dengan modul memori yang baru. Kalau masalah belum selesai pada penanganan memori, lanjut ke tersangka berikutnya.
  • Masalah VGA
    masalah laptop hidup tidak ada tampilan juga bisa karena masalah pada vga. Biasanya laptop akan memberikan peringatan dengan adanya bunyi bip pendek tetapi berulang-ulang maka kemungkinan besar kerusakan adalah VGA atau display adapter. Kalau ini jelas harus ganti VGA
  • LCD Rusak
    untuk memastikan apakah yang rusak monitor atau bukan silakan lakukan pengujian dengan menggunakan monitor eksternal. Kalau dengan menggunakan monitor eksternal ternyata ada tampilan maka dipastikan bahwa LCD rusak.
  • Inverter rusak 
    Untuk memastikan apakah inverter rusak maka harus membongkar LCD dan menyambung langsung dari VGA card ke monitor eksternal. Kalau dengan cara ini keluar tampilan maka inverterlah yang rusak dan harus diganti.
  • Motherboard rusak 
    berbagai cara sudah dilakukan tapi tidak ada hasil, maka kemungkinan motherboard mengalami kerusakan.
Demikian pembahasan Laptop nyala atau hidup tidak ada tampilan, yang pasti tulisan ini sangat kurang lengkap untuk membahas kerusakan laptop secara detail. Makanya silakan baca aja panduan teknisi laptop secara lengkap melalui baner dan link di bawah ini.